Kolaborasi Tingkatkan Akses dan Kapabilitas Layanan Onkologi dan Kedokteran Nuklir di Indonesia

ANP • Wednesday, 19 Oct 2022 - 15:41 WIB

Jakarta – RS Murni Teguh bersama GE Healthcare Indonesia melakukan kerja sama dengan fokus pada onkologi (kanker) dan solusi kedokteran nuklir di Indonesia. Kerja sama ini sejalan dengan transformasi di bidang teknologi kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI untuk memberikan akses layanan dan peralatan medis kelas dunia agar masyarakat Indonesia berobat di dalam negeri, mengingat lebih dari 1,2 juta masyarakat Indonesia melakukan pengobatan di luar negeri setiap tahunnya , . Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT dan Country General Manager Indonesia GE Healthcare, Putty Kartika, disaksikan oleh Plt. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan / Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, dr. Yanti Herman MH.Kes dan President & CEO GE Healthcare ASEAN, Korea, and ANZ, Chris Khang. 

Kerja sama ini dilatarbelakangi oleh tingginya total kasus kanker di Indonesia yang mencapai 2.595.520 pada tahun 2021 , sehingga dibutuhkan kolaborasi yang fokus dalam menyediakan teknologi medis berkualitas tinggi yang kompetitif secara global, lebih mudah diakses dan terjangkau oleh lebih banyak pasien. Sebagai langkah awal, RS Murni Teguh dan GE Healthcare menghadirkan solusi onkologi dan kedokteran nuklir yang berpusat di RS Murni Teguh dan ke depannya akan tersedia di seluruh cabang di Indonesia.

Layanan kedokteran nuklir saat ini merupakan teknologi yang terbaru untuk penanganan onkologi. Radiologi kedokteran nuklir merupakan salah satu bidang radiologi yang memanfaatkan tenaga nuklir sebagai pengobatan penyakit kanker, yang menggunakan energi radiasi terbuka untuk menilai fungsi suatu organ, mendiagnosis dan mengobati penyakit. Terapi ini menggabungkan 2 konsep teknologi, yaitu radiologi dan tenaga nuklir. Pada pengobatan kanker, radiologi berperan untuk mencari dan memetakan lokasi keberadaan sel kanker dan penyebarannya. Sementara panas dari nuklir berperan sebagai penghantar zat obat untuk membunuh sel-sel kanker pada area target yang spesifik dan aman digunakan dalam dosis rendah.

Plt. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan / Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, dr. Yanti Herman MH.Kes mengatakan, “Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler . Pada 2019, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 se-Asia Tenggara . Padahal, 43% kematian akibat kanker tidak akan terjadi apabila pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker . Permasalahan terkait pencegahan dan perawatan kanker perlu dilihat dari berbagai aspek. Maka dari itu penting adanya kerjasama antara pemerintah, mitra strategis dan masyarakat untuk penanganan dan pencegahan penyakit kanker. Karenanya kami sangat mengapreasiasi kolaborasi RS Murni Teguh dengan GE Healthcare dalam menghadirkan layanan teknologi terkini di bidang onkologi. Dengan tersedianya layanan tersebut, kami berharap masyarakat Indonesia tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang berkualitas.”

Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT mengatakan, “RS Murni Teguh merupakan rumah sakit dengan keunggulan pada bidang onkologi (kanker) dan kardiovaskuler sebagai fokus utama dan saat ini akan melakukan pengembangan di bidang kedokteran nuklir. Selaras dengan program pemerintah untuk mengembangkan perawatan medis dengan teknologi tersebut, kami tentunya senantiasa mendukung pemerintah untuk memajukan dan menangani setiap insan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan fasilitas kesehatan berkualitas di dalam negeri. Kami bangga dapat bekerja sama dengan GE Healthcare yang senantiasa memberikan dukungan terutama dalam menawarkan solusi pencitraan molekuler, PET CT, dan teknologi pencitraan berbasis nuklir terbaru di RS Murni Teguh.”

GE Healthcare akan terus mendukung RS Murni Teguh dalam pengembangan pelayanan kesehatan di bidang kedokteran nuklir, radiologi, angiografi, USG, anestesi, dan layanan monitoring pasien.

Country General Manager Indonesia GE Healthcare, Putty Kartika mengatakan, “GE Healthcare berkomitmen untuk menyediakan teknologi canggih dan solusi kesehatan di rumah sakit dalam upaya meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan keterjangkauan layanan kesehatan di Indonesia. Sebagai penyedia teknologi kesehatan terbesar di dunia yang memiliki portfolio diagnostik dan intervensi lengkap, kami merasa terhormat dapat menyediakan layanan kardiologi dan kedokteran nuklir dengan RS Murni Teguh yang dapat mendukung deteksi dini kanker, diagnosa, dan perawatan.”