Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PNJ Jalin Kerja sama Ekslusif dengan Lion Air Group

ANP • Friday, 30 Sep 2022 - 15:58 WIB

JAKARTA - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) sedang gencar melakukan kerja sama baik akademisi dan industri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PNJ sebagai Politeknik Unggul Bertaraf Internasional. Salah satu bentuk kerja sama yang akan dijalankan oleh PNJ adalah kerja sama dengan Lion Air Group.

Pada Jumat (30/9) Politeknik Negeri Jakarta menyelenggarakan seremonial penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) terkait program kerja sama akademik bersama Lion Air Group yang diadakan di Ruang Aula Gedung Direktorat PNJ.

Tidak seperti biasanya, dalam acara ini secara khusus dilakukan kolaborasi protokoler antara Duta PNJ dengan Pramugari Lion Air Group.

Acara penandatanganan MoU ini diawali dengan sambutan dari Dr. Sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing, HTL., M.T selaku direktur PNJ sekaligus membuka acara, dilanjutkan dengan sambutan Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi selaku Direktur Utama Lion Air Group.

“Kerja sama ini merupakan aktivitas besar yang terjain antara kedua institusi, sehingga diperlukan sinergitas, kolaborasi, dan profesionalisme yang tinggi. Perlu diketahui, kerja sama yang terjalin antara industri adalah indikator penting Kemendikbudristek untuk perguruan tinggi. Saya berharap agar PNJ dapat memelihara kerja sama ini, dan atas dibangunnya komunikasi yang baik menciptakan keharmonisasian antara kedua institusi” papar Direktur PNJ.

Penandatanganan atas Nota Kesepahaman dihadiri secara langsung oleh Dr. Sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing, HTL. M.T selaku Direktur PNJ, Denis Kirana, Founder Lion Air Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Direktur Utama Lion Air Group, Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Periode 2016-2019, serta para tamu undangan.

PNJ dan Lion Air Group mengadakan kerja sama dalam bidang Pelatihan Teknik dan Pengelolaan Perawatan Pesawat Udara beserta fasilitas pendukung berdasarkan Expected Learning Outcome, yaitu:

  1. Program pelatihan kepemimpinan (Pelatihan Transformasional Leadership for Agility and Sustainbility)
  2. Program pelatihan lulusan Sarjana Terapan (D4) PNJ untuk mendapatkan Basic License (A1, A3, A4, atau C)
  3. Program rekrutmen Basic Aircraft Maintenance (BAM) melalui PNJ
  4. Program kerja sama PNJ dalam penggunaan fasilitas Lion Group Training Center (LGTC).

“Saya berharap agar sebagian kebutuhan SDM tersebut dapat dipenuhi oleh PNJ, dan dalam kesempatan yang sama PNJ mendukung upaya Lion Air grup untuk meningkatkan kompetensi SDM kami, sehingga MoU yang  ditanda tangani hari ini akan dapat menjadi  moment bersejarah dimulainya kerja sama antara PNJ, sebagai  salah satu Politeknik terbaik di Indonesia dengan Lion Air Grup sebagai perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia” jelas Capt. Daniel.

Sebagai penutup acara, para tamu undangan dengan bangga menyambut testimoni dari alumni lulusan Administrasi Bisnis dan Teknik Mesin Produksi PNJ yang kini menjadi internal crew PT Lion Air Group.

Alumni PNJ, Dedy Maryadi lulusan Teknik Mesin PNJ 2001 kini menjadi Fleet Maintenance Management (FMM) Super Air Jet, dan Widya Selfiani lulusan Administrasi Bisnis 2021 yang saat ini sebagai Pramugari Super Air Jet.