Jelang InaRI Expo, BRIN Bahas Arah Riset dan Inovasi di Era Digital

MUS • Thursday, 22 Sep 2022 - 17:19 WIB

Jakarta - Pameran terbesar terkait riset dan inovasi Indonesia, Indonesia Research and Innovation Expo (InaRIE) 2022 akan digelar pada 27-30 Oktober 2022 mendatang, di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi – Cibinong.

 

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko menyebutkan, melalui pameran ini BRIN ingin menunjukkan ke masyarakat dan memberikan inspirasi, khususnya kepada para generasi muda, agar lebih dekat pada dunia riset dan inovasi. 

“Melalui InaRIE, kami ingin agar generasi muda dapat menjadi lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi agar menghasilkan berbagai invensi dan inovasi sebagai solusi permasalahan bangsa,” imbuhnya.

Handoko menandaskan, InaRIE merupakan event tahunan yang pelaksanaannya akan didukung penuh oleh BRIN.

“InaRIE sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor seluruh Indonesia, khususnya yang telah berhasil memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara Indonesia. InaRIE bertujuan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia,” rincinya.

Plt Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian menekankan, perhelatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para pengunjung, pelaku riset, pegiat teknologi, innovator, media massa, dan tentu saja masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Lebih jauh lagi, InaRIE 2022 ingin berperan sebagai katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun merajut kerja sama mutualisme bagi semua institusi pendidikan, Industri,” bebernya. 

“Dalam InaRIE, bukan hanya periset BRIN saja yang akan menampilkan teknologi tapi juga UMKM yang kita bina,” terangnya. “Karena ini adalah bagian dari kegiatan internasional, maka kita juga menggandeng UMKM dari luar negeri, khususnya Asia,” tambahnya.

Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaan startup dari negara ASEAN, termasuk indonesia dalam ASEAN-India Startup Festival yang akan digelar sebagai rangkaian InaRIE.

Ketua Promotor InaRI Expo, Irwan Rahman, mengatakan bahwa InaRI Expo 2022 yang mengangkat tema ‘Digital, Blue, Green Economy’ juga secara khusus mendukung Presidensi G20 Indonesia. Secara khusus, InaRIE akan menampilkan konten terkait G20 dan memberikan ruang dan apresiasi kepada perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD untuk turut berkontribusi. 

Sebagai informasi, exhibitor baik dari dalam dan luar negeri seperti India, Afrika Selatan, dan Perancis akan turut berpartisipasi pada InaRI Expo 2022.

Selain terkait pameran riset dan inovasi, sejumlah kegiatan pendukung juga akan menjadi daya tarik khusus, di antaranya business gathering, seminar, talkshow, klinik konsultasi, workshop, demo produk, dan kunjungan laboratorium BRIN.

Kompetisi ilmiah remaja dan Halal Tech Forum mendukung InaRIE menjadi wahana untuk mendekatkan riset dan inovasi yang menarik bagi berbagai kalangan.