Pembukaan PORDA XVI dan PEPARDA III DIY 2022 di Sleman Berlangsung Meriah

MUS • Saturday, 3 Sep 2022 - 13:02 WIB

Sleman - Perhelatan akbar yang digelar di Stadion Maguwoharjo, memuaskan dan meriah atas kesuksesan acara yang berlangsung malam hari, diperkirakan lebih dari 10 ribu masyarakat dibuat kagum dan terpukau atas berbagai penampailan yang disajikan. 

Sebanyak 250 penari dari berbagai wilayah di DIY yang membawakan Greget Nyawiji sebagai simbil cabang olah raga yang dipertandingkan. Dilanjutkan dengan parade 3.649 atlet Porda dan 355 atlet Paparda berjalan mamasuki area di Stadion Maguwoharjo.

Penonton langsung disuguhkan permainan lighting  diiringi kembang api, dan lagu instrumen yang menggelegar dari sound system berkekuatan 200.000 Watt, sehingga acara yang berlangsung 3 jam tersebut nyaris membuat masyarakat kagum dan terhibur.

Dalam sambutan selamat datangnya, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyatakan kebanggaan daerahnya menjadi tuan rumah Porda XVI dan Peparda III.

"Sebagai tuan rumah, kami sudah berusaha maksimal mempersiapkan gelaran ini. Semoga berbagai upaya ini bisa memberikan kesan dan hasil positif dalam sejarah perhelatan Porda-Peparda, sejalan dengan semangat Nyawiji Yasa Prestasi," ujarnya.

Mengusung target Tri Sukses, dia optimistis event pekan olahraga ini bisa sekaligus menjadi pesta rakyat melalui kolaborasi banyak sektor. Kapanewon dan kalurahan juga diajak ambil bagian. "Semoga bisa semakin meriah dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya.

Semangat juang para atlet dikobarkan lagi lewat pembacaan janji, dan nyanyian mars Patriot Olahraga oleh Gita Vokalista Sembada dari Dinas Pemuda dan Olahraga Sleman. Hingga tibalah acara puncak prosesi penyalaan obor api yang menandai gelaran Porda dan Peparda resmi dibuka. (Ron)