Stafsus Jokowi Puji Akmal Malik Dukung Ibukota Negara Lewat Festival Sandeq 2022

ANP • Tuesday, 30 Aug 2022 - 15:05 WIB

Jakarta - Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kembali menggelar Festival Sandeq yang diadakan dari tanggal 31 Agustus hingga 9 September 2022.  Ini merupakan kegiata turun temurun khas Sulawesi Barat dalam melombakan Perahu Layar tradisional milik masyarakat. Mengangkat tema, Indonesia Mendukung IKN, 35 perahu Sandeq akan berlayar dari Tanjung Silopo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Direncanakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan hadir langsung dalam kegiatan ini. Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI Bidang  Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, sudah memberikan konfirmasi untuk hadir pada festival ini secara langsung. Dihubungi via telp, Billy mengungkapakan bahwa kehadiranya dalam Festival Sandeq 2022  merupakan bentuk apresiasinya kepada Pemprov Sulbar yang mendukung IKN melalui kegiatan ini.

"Selamat kepada Pemprov Sulbar yang kembali menggelar Festival Sandeq. Saya menilai bahwa Sandeq sudah menjadi local wisdom bagi masyarakat Sulbar dengan nilai filosofisnya yang tinggi. Di mana, memang Sandeq adalah salah satu budaya Sulawesi Barat yang kaya akan nilai filosofis, budaya maritim dan gerakan hijau yang disimbolkan dengan bahan utama pembuatan Sandeq yang ramah lingkungan. Apresiasi kepada Bapak Akmal Malik selaku PJ Gubernur Sulawesi Barat yang melalui acara ini memberikan dukungan kepada IKN sebagai Ibu Kota Negara yang baru," Ungkap Billy.

Sandeq memilik filosofi yang cukup dalam yaitu perahu yang lahir dari pertemuan pengetahuan, kearifan tentang laut dan perahu serta keyakinan keagamaan suku Mandar. Perahu ini lahir dari tiang keyakinan dan pahat kearifan lokal Suku Mandar dalam mengarungi kehidupan.

Lebih lanjut, Billy yang juga merupakan Duta SDGs, melihat Festival Sandeq 2022 sebagai kesiapan provinsi Sulawesi Barat sebagai daerah dengan budaya maritim untuk mendukung kegiatan yang akan berpusat di IKN. "IKN dirancang untuk menjadi Sustainable Smart City. Di mana keberadaan IKN juga diharapkan dapat membawa dampak positif kepada wilayah-wilayah sekitarnya dan Indonesia secara luas. Dengan tema dan konsep yang dibawa dalam festival ini, Sulawesi Barat selain memberikan dukungan juga menunjukan kesiapan sebagai provinsi penyangga IKN," Jelas stafsus lulusan Harvard tersebut.

Adapun Billy Mambrasar merupakan bagian dari Panel Desain Bangunan Yudikatif IKN yang dipilih oleh Kementerian PUPR dan juga ikut memberikan masukan Kepada Presiden untuk pembangunan Ekosistem Pendidikan Internasional.

Mengambil kutipan PJ Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik dari media-media nasional,  Akmal Malik berharap ke depannya, Festival Sandeq ini bisa menjadi kegiatan nasional agar Sandeq bisa dikenal di penjuru tanah air bahkan hingga ke seluruh dunia. Apalagi perahu Sandeq adalah salah satu warisan budaya yang hanya di miliki oleh masyarakat Mandar.

"Karena nanti finishnya di IKN, pada akhirnya seluruh indonesia dan seluruh dunia akan tahu ternyata Sulbar itu punya event yang hebat. Itulah kenapa kita arahkan ke IKN agar penjuru Tanah Air tahu bahwa Sulbar itu memiliki maha karya budaya luar biasa yang tidak dimiliki provinsi lain di Indonesia," Pungkas Akmal.

Untuk diketahui, Festival Sandeq adalah lomba perahu layar tradisional khas Sulawesi Barat yang seringkali dipadukan dengan atraksi perahu. Festival Sandeq biasanya memiliki rangkaian acara yang terdiri dari acara budaya, pagelaran seni, adat istiadat, barazanji, zikir, dan doa. (ANP)