Ketua Fraksi NasDem DPRD Sumut Minta Pelayanan KNIA Dimaksimalkan

MUS • Tuesday, 30 Aug 2022 - 12:15 WIB

Deli Serdang - Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sumatera Utara Tuahman Fransiscus Purba menyoroti pelayanan penumpang yang belum maksimal oleh pengelola Kualanamu International Airport (KNIA), Senin (29/8).

Wakil rakyat dari Komisi E DPRD Sumut ini meminta layanan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) ini ditingkatkan lebih baik lagi.

“Pelayanan di KNIA pasca peralihan ke PT Angkasa Pura Aviasi bersama
GMR Airports harus lebih ditingkatkan,” katanya.

Kata Tuahman, prinsip perubahan itu adalah yang terbaik, kendati prosesnya perlu waktu.

"Maka untuk itu kita berharap PT AVI dan GMR Airports bergerak cepat bagaimana bandara ini bisa lebih baik dari segi pelayanan,” sebutnya.

Apalagi kata dia, saat ini tempat kounter informasi tidak dijaga dan layanan tempat bertanya juga aplikasinya tidak terkoneksi.

“Ini salah satu contoh yang fatal, sebelumnya ada orang sempat bertanya. Ini sudah satu setengah jam juga tidak ada, dan juga tidak terkoneksi dengan layanan. Ini yang membuat kita bingung,” jelasnya.

Padahal tambahnya, tidak semua orang yang datang ke bandara tahu lokasi check-in pesawat sehingga banyak calon penumpang berputar-putar karena minimnya tempat informasi.

Kemudian tempat duduk bagi calon penumpang juga kurang memadai bahkan sangat minim di area terminal.

“Saya harap ini menjadi perhatianlah bagi aviasi serta pengelola yang ada di bandara ini. Di samping itu, daerah dropzone hendaknya dilakukan pembenahan sehingga tidak ada antrean panjang kendaraan. Sebab ketika kita masuk ke area dropzone terpaksa antrean panjang kendaraan karena adanya penutupan jalan di area itu dan hanya dibuka dua jalur saja," keluh dia. 

”Sebagai wakil rakyat sudah sewajarnya memberikan kritikan yang sifatnya membangun untuk Sumut yang lebih baik,” sambungnya.

Satu lagi, aviasi sebagai pengelola bandara juga diminta menyediakan masker gratis bagi calon penumpang yang masuk bandara tak pakai masker.

Humas PT AVI Mulia Rahman yang dikonfirmasi berterimakasih apa yang disampaikan anggota DPRD Sumut tersebut. Pihaknya akan terus berbenah ke arah yang lebih baik.

Terkait dengan masukan dan saran yang disampaikan sudah menjadi atensi PT AVI. Sedangkan tempat layanan informasi yang sempat tidak terkoneksi sudah dilakukan perbaikan dan sudah berfungsi kembali.

”Intinya kita siap bekerjasama ke depan demi kebaikan Bandara Kualanamu yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Har)