Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI Berikan Edukasi Soal Nyeri Sendi pada Lansia

FAZ • Monday, 29 Aug 2022 - 08:31 WIB

Jakarta - Dalam rangka melaksanakan  program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Nyeri Sendi Bahu dan Lutut bagi masyarakat di Kelurahan Cawang, Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan sosialisasi diikuti lebih dari 50 orang Lansia dan dihadiri oleh Lurah Cawang, Didik Diarjo dan Kepala Puskesmas Kelurahan Cawang Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur, dr. Inda Mutiara

Ketua Program Studi Fisioterapi, Program Sarjana Terapan, Lucky Anggiat Panjaitan mengatakan, sosialisasi ini bagi pra lansia dan lansia dengan harapan mereka tahu cara latihan dalam pencegahan dan penanganan sakit bahu atau masalah pada lutut akibat pengapuran sebelum mereka ke fisioterapi atau dokter.

"Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut agar warga memahami kondisi mereka," ujarnya.

Terkait latihan yang diberikan bagi lansia, Dosen Prodi Fisioterapi, Fakultas Vokasi UKI, Beriman Rahmansyah menjelaskan latihan untuk bahu, pinggul dan lutut bisa dilakukan oleh para lansia di rumah sebagai pencegahan.

Pencegahan dimaksud, kata Beriman, adalah memberikan pemahaman bagaimana menjaga berat badan, mendapatkan nutrisi yang baik, menjaga pola makan, menghindari naik turun tangga dan pencegahan lainnya.

"Untuk latihan lutut ada 3 prinsip yang harus diketahui yaitu diawali latihan pelumasan (lubrikasi), pemberian latihan beban dan mengulur ototnya. Ketiga jenis ini yang diberikan kepada lansia," jelas Beriman.

Lebih lanjut Beriman menjelaskan, penyakit tersebut muncul karena faktor usia. Berdasarkan penelitian, setiap tahunnya fungsi tubuh akan mengalami penurunan sebesar 1%. Faktor pencetus lainnya adalah berat badan yang cenderung menyebabkan persendian mengalami pengapuran akibat pembebanan.

Sementara faktor jenis kelamin, penyakit ini sering dialami kaum ibu-ibu.

"Olahraga bersepeda misalnya sangat cocok untuk pencegahan," ujarnya.

Penyakit metabolik juga merupakan faktor pencetus penyakit Osteoarthritis yaitu kerusakan pada tulang rawan sendi sehingga mengakibatkan nyeri atau keterbatasan gerak pada persendian.

Untuk mendeteksi dini, jika ada ada bunyi di persendian menandakan sudah ada erosi atau pengikisan pada persendian. Pencegahannya adalah mengurangi atau minimal mempertahankan berat badan, menjaga pola makan, hindari naik turun tangga, dan olahraga teratur.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Cawang, Didik Diarjo menyampaikan apresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan  pengabdian kepada masyarakat banyak manfaatnya tidak hanya pecegahan saja tetapi Fakultas Vokasi sendiri juga memberikan cara untuk menanganinnya.

"Semoga apa yang dilakukan oleh Fakultas Vokasi bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa membimbing warga cawang agar bisa lebih paham dan mengerti," pungkasnya.