Momen Stafsus Presiden Billy Mambrasar Rayakan Kemerdekaan RI di Istana Negara

ANP • Friday, 19 Aug 2022 - 11:49 WIB

Billy Mambrasar sebagai salah satu stafsus Presiden, tentunya pasti selalu mendukung setiap kebijakan dan program - program kerja dengan konsistensi dan insiatif yang selalu mengalir. Hal ini, didukung dengan bagaimana kecerdasan, kearifan dan kararkter dari orang nomor satu di Indonesia yakni pak Jokowi. Disisi lain, pak Jokowi juga merupakan pemimpin yang selalu berusaha untuk turut berpartisipasi dalam setiap tahapnya. Hal ini ditunjukan dengan, pada acara upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 beliau menanyakan Billy Mambrasar mengenai progress dari Papua creative hub dan program Bawa Perubahan (Baper) yang terdiri dari Papua Youth Creative Hub, Petani milenial, Website Manajemen Talenta Papua, Membangun pusat pembelajaran non-formal, dan Policy Bootcamp untuk Papua yang memang terkait dengan bidangnya yaitu pendidikan dan pengembangan daerah terluar. Disaat yang sama,  beliau juga ingin menemui Billy Mambrasar dua minggu lagi untuk menerima briefing baru.

Billy Mambrasar memiliki beberapa kesamaan lho sama mas Menteri dua-duanya lulusan Harvard University, dan memiliki passion yang mendalam untuk isu pembangunan SDM Indonesia. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, Billy Mambrasar berkolaborasi dengan Nadiem Makarim dalam beberapa isu-isu pendidikan, sesuai pembidangan Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus Presiden RI dalam bidang Pendidikan, Inovasi dan Pembangunan Daerah terluar. Billy dan Nadiem sering melakukan kunjungan bersama ke berbagai daerah terluar seperti tertangkap dalam postingan media sosial Billy di IG-nya,  untuk memecahkan isu dan masalah pendidikan, serta Billy juga aktif memberikan masukan terkait penyetaraan akses pendidikan, seperti ikut menulis draft Inpres No.98 / 2020.

Billy Mambrasar dikenal sangat mengidolakan Menteri Keuangan yang satu ini. Dalam beberapa kesempatan, Billy Mambrasar aktif meminta masukan dari Ibu Sri Mulyani, dan juga memberikan masukan terkati beberapa isu. Seperti terlihat di postingan Media Sosial Billy Mambrasar, Stafsus Presiden ini tampak menemani Ibu Anie, demikian Sapaan Menteri Keuangan ini, di Washington DC, untuk rapat bersama KADIN dan World Bank. Billy juga terlihat pernah mendiskusikan isu pendidikan melalui beasiswa LPDP, dan ikut merumuskan Beasiswa Putra Putri Papua.

Pada upacara bendera HUT RI ke-77 yang diselenggarakan di Istana negara tahun ini terlihat adanya interaksi yang hangat dengan kebahagiaan terpancar dengan jelas diantara Stafsus Presiden Billy Mambrasar dan Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesudibyo yang berbalut busana asli Indonesia dengan sangat cantik. Angela dan Billy sama-sama pernah turun lapangan ke Sorong, Papua Barat, untuk mendorong terselenggaranya pembangunan ekonomi hijau, yakni pembangunan yang mengutamakan azas dan prinsip berkelanjutan.

Bak bertemu orang tuanya sendiri, Billy terlihat bahagia ketika di rangkul hangat oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono. Dimata Billy Mambrasar Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono adalah seseorang yang pintar dan rendah hati, dan karena beliau juga berasal dari Papua, maka tidak canggung sering memberikan nasihat kepada Billy Mambrasar. Pak Basuki adalah orang yang dijadikan Idola oleh Billy Mambrasar karena kecerdasan dan kebijaksanaannya. Billy dan Pak Basuki sering mendampingi presiden untuk berkunjung melakukan perjalanan dinas meresmikan berbagai infrastruktur Indonesia.