Mendagri Apresiasi Wali Kota Surabaya Revitalisasi Rumah Kelahiran Bung Karno Jadi Museum

MUS • Monday, 15 Aug 2022 - 10:22 WIB

Surabaya - Kementerian Dalam Negeri terus menggelorakan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Secara simbolis, gerakan nasional ini digelar di tiga daerah, mulai dari Merauke, Banda Aceh, dan kali ini Surabaya.

Surabaya menurut Mendagri Tito Karnavian dipilih karena sarat dengan historisnya atau sejarahnya. Khususnya menyangkut keberadaan Proklamator RI Ir. Soekarno yang terlahir di Surabaya. 

Usai acara pembagian bendera merah putih, Mendagri, Gubernur Jatim, Wali Kota Surabaya dan juga Forkopimda Jatim bergerak menuju rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean Gang IV No. 40 Surabaya.

Tiba di rumah kelahiran Bung Karno, Mendagri bersama Gubernur dan Wali Kota Eri memasuki rumah sederhana itu. Ia terlihat sangat takjub melihat rumah tersebut. Bahkan, ia pun mengapresiasi Wali Kota Eri Cahyadi dan jajaran Pemkot Surabaya yang tengah merevitalisasi rumah tersebut menjadi museum. 

“Saya tadi diberi tahu oleh Bapak Wali Kota bahwa rumah ini akan direnovasi karena ini merupakan bagian dari tempat bersejarah. Saya mengapresiasi itu luar biasa. Kita generasi muda tidak boleh lupa dengan sejarah, karena dengan sejarah itu bisa mengetahui akar kita dan bisa membuat visi bagaimana ke depannya,” tegasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Eri mengatakan bahwa rumah kelahiran Bung Karno itu akan dijadikan museum. Nantinya, rumah itu akan dilengkapi sejumlah artefak hingga ornamen pendukung.

Museum ini akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir di Surabaya hingga sukses menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

"Lokasi rumahnya tetap. Justru, kami tambah dengan menaruh museum di sini. Kami jadikan wisata sejarah baru di Surabaya," katanya. 

Ia juga menjelaskan tentang pembagian bendera merah putih untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di Kota Surabaya. Menurutnya, sesuai arahan Gubernur Jatim, bupati dan wali kota se Jawa Timur terus bergerak membagikan bendera merah putih.

“Insyallah 1 juta bendera akan kami bagikan di seluruh Jatim melalui bupati dan wali kota,” ujarnya. 

Khusus di Kota Surabaya, lanjut dia, hingga hari ini sudah 32 ribu bendera yang dibagikan kepada warga Surabaya. Bahkan, hingga saat ini terus bergerak ke berbagai penjuru Surabaya.

“Semoga ini menambah semangat kami, khususnya di Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan untuk terus bergerak, insyaallah pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” pungkasnya. (Her)