Hari Pramuka, Gubernur Khofifah Gelorakan Semangat Pengabdian Tanpa Batas

MUS • Sunday, 14 Aug 2022 - 16:50 WIB

Surabaya  - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jatim mengajak segenap anggota pramuka Kwarda Jatim untuk terus memberikan pengabdian tanpa batas di segala bidang kehidupan. Hal ini menjadi penguat untuk membangun ketangguhan dan kekuatan bangsa.

Pesan Gubernur Khofifah ini selaras dengan tema Hari Pramuka ke-61 yakni ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’.

“Semangat pengabdian ini telah ditanamkan dalam pendidikan kepanduan  gerakan pramuka Indonesia. Saling menolong dalam semangat persaudaran tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Bagaimana pendidikan kepanduan pramuka bisa terus digerakkan dan disemaikan bahwa di dalam gerakan pramuka ada semangat kemanusiaan dan cinta alam yang ditanamkan luar biasa,” katanya saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-61 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (14/8).

Kwarda Pramuka di Jatim menurut Khofifah terlibat aktif dalam memberikan bantuan bangunan hunian sementara untuk penyintas erupsi Gunung Semeru. Bahkan ikut serta dalam penanggulangan wabah penyakit kuku dan mulut hewan ternak. Tidak hanya itu, para pramuka juga terlibat dalam menjaga pelestarian lingkungan melalui penghijauan, penanaman mangrove, membersihkan pesisir pantai, mendorong tercapainya program ketahanan pangan dan berbagai bakti pramuka lainnya.

“Kepada seluruh anggota pramuka Jawa Timur, teruslah mengabdi dan siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kita lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kebaikan yang bernilai ibadah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Jatim HM. Arum Sabil mengatakan bahwa dari sejarah yang telah banyak dipaparkan, pada dasarnya gerakan pendidikan kepramukaan masuk ke Indonesia pada tahun 1919. Pada saat itu Indonesia masih dalam penjajahan bangsa lain. 

“Tentu tema ini semakin mendorong ikhlas bhakti kita keluarga besar Pramuka Jawa Timur dalam mengabdi tanpa batas kepada Negeri. Selama ini anggota Pramuka Jatim yang aktif sesuai sistem pengelolaan anggota sebanyak 2.883.244 orang. Mereka selalu memberikan pengabdian tanpa batas di segala bidang,” katanya. (Her)