Peran Puan untuk Ganjar Sangat Besar, Komandan Pemenangan di Pilgub Jateng

AKM • Sunday, 7 Aug 2022 - 15:53 WIB

Jakarta - Pengamat politik Hendro Satrio (Hensat) mengingatkan peran Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam karier politik Ganjar Pranowo hingga menjadi Gubernur Jawa Tengah sangatlah besar.

Puan diketahui menjadi Ketua Pemenangan Pilgub Jateng PDIP Tahun 2013 lalu. Puanlah yang berdiri di garis depan memenangkan Ganjar saat itu. 

"Waktu pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang memenangkan Ganjar itu, kan komandan pemenangannya adalah Mbak Puan," kata Hensat kepada wartawan, minggu (7/8/22)

Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini menilai ketika masuk kontestasi Pilpres 2024 dan Puan Maharani ikut dalam kontestasi itu, maka sewajarnya bahkan seharusnya Ganjar membantu memenangkan Puan.

"Ya sekarang gantian lah. Pak Ganjar yang membantu Mbak Puan," tegas Hensat. 

Lebih lanjut, Hensat menuturkan, sebenarnya publik akan sangat hormat kepada Ganjar manakala dia membantu Puan Maharani dalam Pilpres 2024.

Ganjar, sambung Hensat, akan menjadi vote getter (penggaet pemilih) yang akan dihargai dan dikenang. Bahkan, di internal PDI Perjuangan pun nama Ganjar akan dihormati tanpa ada pertentangan.

"Dan saya yakin sekali ide mendorong Mba Puan sebagai capres PDIP dan menjadikan Ganjar 'vote getter' (penarik suara, red) atau tim sukses Mbak Puan nggak akan ditentang sama kader PDIP mana pun," beber Hensat. 

Kalau pun ada yang menentang, Hensat meyakini itu bukan dari kader PDIP, melainkan dari relawan yang kemungkinan dulu mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang menentang (Ganjar dukung Puan, red) ya relawannya Jokowi yang sudah jadi relawannya Ganjar. Paling gitu. Enggak apa-apa, namanya juga demokrasi," pungkas Hensat. 

Diketahui, Puan menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan pada tahun 2012 menggantikan Tjahjo Kumolo. Di tahun 2013, Ganjar juga menjadi anggota Fraksi PDI Perjuangan dibawah komando Puan. Ketika bertarung di Pilgub, Puan jugalah yang pasang badan untuk Ganjar.