40 Tahun Digelar di Jakarta, PASI Pilih Jateng Jadi Tempat Kejurnas Atletik 2022

MUS • Tuesday, 19 Jul 2022 - 22:33 WIB

Semarang - Dua tahun absen karena pandemi, Kejuaraan Nasional Atletik akhirnya kembali digelar. Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memilih Jawa Tengah sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Atletik 2022.

Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung, mengatakan, Jateng dipilih jadi tuan rumah setelah 40 tahun lebih penyelenggaraan di Jakarta. Tigor mengungkap, Jateng merupakan gudang atlet nasional selama ini. Salah satunya Suryo Agung Wibowo yang pernah menjuarai Seagames dan catatan waktu terbaiknya 10,7 detik di nomor lari 100 meter.

“Jawa Tengah termasuk provinsi yang sangat aktif dalam pembinaan atletik, jadi kami beralasan sekali untuk memilih semarang sebagai tempat kejuaraan nasional ini,” kata Tigor usai bertemu Ganjar Pranowo, di rumah dinas gubernur, Selasa (19/7).

Tigor yakin penyelenggaraan Kejurnas Atletik 2022 akan sukses. Kejurnas Atletik, lanjut Tigor, akan dilangsungkan bulan depan mulai 6-11 Agustus di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang.

“Karena pak gubernur juga yang akan mendukung kami dan tentu saja masyarakat di semarang dan  jawa tengah secara umum bisa datang melihat atlet kita bertanding,” ujarnta.

Kejurnas Atletik akan mempertandingkan tiga kategori yaitu U-18, U-20, dan senior. Sebanyak 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia akan ikut serta dalam kejuaraan ini dan bertanding pada 124 nomor.

“Ini menarik karena hampir dua tahun tidak dilaksanakan kejurnas dan saya terimakasih sama PASI karena setelah sekian puluh tahun penyelenggaraannya selalu di Jakarta dan hari ini keluar kemudian Semarang dipilih,” ujar Gubernur Ganjar Pranowo.

Ganjar optimis dengan event olahraga yang terus bersambung diselenggarakan, akan meningkatkan spirit anak terhadap olahraga dan berprestasi. 

“Jadi kalau kemarin teman-teman dari SoINA membuat acara, hari ini Popda (selesai), besok PASI membuat kejurnas ini menurut saya ini olahraganya bangkit,” kata Ganjar.

Nantinya panitia Kejurnas Atletik 2022 juga akan menggelar pameran UMKM. Ganjar mendukung penuh dan optimis ekonomi makin menggeliat.

“Mudah-mudahan semua akan terinspirasi sehingga event ini akan kembali mengingatkan atau membangunkan tidur dari mereka yang kemarin tidak bisa bertanding hari ini akan semangat kembali bertanding. Nanti kita nonton,” tandasnya.