Hasilkan Lulusan Siap Kerja, FT Universitas Pancasila (UP) Kolaborasi dengan Dunia Industri

FAZ • Friday, 15 Jul 2022 - 19:33 WIB

Jakarta - Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM menjelaskan sebagian mahasiswa yang baru lulus biasanya saat memasuki dunia kerja mengalami momentum yang membingungkan.

Pola kehidupan yang berbeda dari seorang mahasiswa, menjadi job seeker, dan kemudian jadi worker sungguh merupakan tahap yang tak mudah.  Biaya kuliah dan kualitas pendidikan setelah lulus seringkali menjadi pertimbangan bagi para calon mahasiswa. 

Oleh karena itu, Universitas Pancasila khususnya Fakultas Teknik (FTUP) terus menggerakkan diri memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan mahasiswanya untuk kegiatan magang. Utamanya untuk Program D3 Teknik Elektro dan D3 Teknik Mesin yang bekerjasama dengan pelaku industri BUMN maupun swasta, seperti : PT KAI, PT INKA, PT Merck, PT Defa Angkasa, PT Lubana Sukses Abadi, PT Delima Tata Laksana, dll.

“Program kerjasama yang dikembangkan oleh FTUP adalah membantu menyalurkan para mahasiswa yang sudah waktunya mempraktekkan teori kuliah segera terjun ke dunia pelaku industri untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kelulusan nantinya,” ujar  Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM dalam keterangannya, Jumat (15/7).

Lanjut Budhi, dalam mengaplikasikan teori kuliah seringkali dikenal dengan istilah program magang/praktik kerja. Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb).

Sedangkan pelaku industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya akan langsung direkrut. Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja akan lebih paham dalam memasuki dunia kerja dan kariernya.

“Melalui kegiatan ini, simbiosis mutualisme tercapai. Mahasiswa memiliki masa depan yang diharapkan, dan instansi memperoleh tenaga kerja yang diharapkan pula,” ujar Budhi.

Selain program dukungan FTUP dalam mengaplikasikan teori kuliah, FTUP juga memberikan dukungan dalam kemudahan biaya kuliah. Untuk mengetahui lebih lengkapnya kalian bisa membuka di website http://pmbonline.univpancasila.ac.id