Menag Diminta Pangkas Biaya dan Tambah Kuota Haji Indonesia Tahun Depan

MUS • Tuesday, 12 Jul 2022 - 22:58 WIB

Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis dalam Pengawasan Ibadah Haji 1443 H berbincang dengan Menteri Agama Republik Indonesia di Arafah 9 Dzulhijah, agar biaya penyelenggaraan Haji tahun depan bisa dipangkas.

“Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini 1443 Hijriyah saya nilai cukup sukses, hanya saja ada beberapa hal yang sangat penting dalam evaluasi ibadah haji tahun ini. Temuan pengawas haji Komisi VIII DPR RI, tahun ini masih ditemukan pemondokan yang relatif jauh, padahal banyak gedung bagus yang lebih dekat yang masih kosong tidak disewa Kementerian Agama apalagi jatah haji yang datang cuma setengah jemaah sebelum Covid-19,” ujar Iskan.

Iskan menambahkan selanjutnya terkait biaya di Arafah, Mina dan Muzdalifah yang naik 49 % tanpa adanya fasilitas yang signifikan tentu harus jadi evaluasi.

“Khususnya terkait biaya haji untuk tahun depan atau 1444 H, kita perlu membicarakannya kembali dari jauh-jauh hari dan saya menyampaikan ini pada saat berbincang dengan Pak Menteri Agama di Arafah. Saya berharap supaya usul Biaya Haji tahun depan bisa lebih dipangkas kembali, agar lebih murah ketimbang biaya haji di tahun ini dan saya ingatkan dengan syarat nego jauh-jauh hari serta jangan mendadak,” tegas Iskan.

Anggota Legislative asal Sibuhuan ini juga menambahkan bahwa Haji tahun depan bisa ditingkatkan lagi terkait kuota jamaah haji Indonesia.

“Kemungkinan di tahun depan sesuai dengan yang saya usulkan kepada Pak Menteri Agama, kita memberangkatkan sebanyak 250 ribu Jamaah Haji Indonesia. Dalam kesempatan perbincangan ini juga, saya berharap kedepannya agar Kementerian Agama bisa lebih mempersiapkan khususnya terkait kuota haji yang akan ditambah. Kita dapat menambah kuota untuk keberangkatan haji di tahun depan dengan semaksimal mungkin, harapan kita semua tahun depan sudah normal semuanya khususnya terkait untuk kuota jamaah haji Indonesia. Semoga apa yang kita rencanakan, jauh-jauh hari dapat terealisasikan dengan baik”, ungkap Iskan.

Lebih lanjut, Iskan juga menambahkan agar biaya dan kuota haji 1444 Hijriah bisa dibicarakan dalam rapat kerja agar lebih dalam lagi pembahasannya.

“Terkait Biaya dan Kuota jamaah haji tahun depan ini semoga bisa kita realisasikan bersama dengan baik nantinya. Harapannya usulan saya agar biaya haji tahun depan bisa di-press berkurang dari biaya haji tahun ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Kita bisa nego jauh-jauh hari ini, serta tidak mendadak saya akan perjuangkan biaya haji tahun depan bisa turun diangka yang jauh berbeda dengan haji tahun ini. Serta terkait Kuota jamah haji di tahun depan kita sama-sama akan perjuangkan juga agar bisa bertambah dari kuota haji di tahun ini. Oleh karenanya harapan saya Pak Menteri Agama dapat mendengarkan usulan ini dan dapat segera terealisasikan untuk Haji 1444 Hijriah”, pungkas Iskan mengakhiri.