Arab Saudi Klaim Ibadah Haji Tahun ini Sukses

MUS • Monday, 11 Jul 2022 - 23:18 WIB

 Mekkah - Presiden Komite Haji Pusat Arab Saudi Pangeran Khalid Al Faisal menyebut pelaksanaan haji tahun ini berjalan sukses. Ini merupakan pelaksanaan haji pertama di masa pandemi Covid-19 di mana Arab Saudi menerima sekitar 1 juta jemaah dari dalam dan luar negeri. 

"Saya dengan senang mengumumkan bahwa haji tahun ini berjalan sukses di bidang keamanan, pelayanan, dan kesehatan," kata pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Makkah itu, dikutip kantor berita SPA, Senin (11/7/2022). 

Dia menambahkan tak ada kecelakaan maupun wabah penyakit selama haji tahun ini. Pangeran Khalid juga berterima kasih atas dukungan keuangan serta staf yang didedikasikan pemerintah Saudi untuk memastikan kelancaran dan keamanan bagi jemaah. Belum cukup dia juga memuji peran aparat keamanan dan tenaga medis dalam melayani para jemaah. 

Sementara itu, Menteri Kesehatan Fahad Al Jalajel mengatakan ditemukan 38 kasus infeksi Covid-19 di kalangan jemaah. Mereka ditangani dengan cepat sesuai protokol kesehatan. Dia memastikan temuan kasus tersebut tak berpengaruh besar atau bahkan memicu wabah di antara para jemaah. 

Al Jalajel menyebut ada lebih dari 230 fasilitas kesehatan yang memberikan layanan medis khusus kepada jemaah. Fasilitas itu tersebar di seluruh tempat suci yang menjadi lokasi ibadah. BACA JUGA: Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Naik Haji Selain itu ada 25.000 praktisi kesehatan serta 2.000 relawan yang melayani sekitar 130.000 jemaah yang mengalami masalah kesehatan. 

Selama pelaksanaan haji, tenaga medis melakukan 10 operasi jantung terbuka, lebih dari 187 kateterisasi jantung, serta 447 cuci darah.