Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tewas Ditembak, ini Ungkapan Duka Para Pemimpin Dunia

MUS • Saturday, 9 Jul 2022 - 01:26 WIB

Jakarta - Pembunuhan mengejutkan terhadap mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Jumat (8/7) di salah satu negara teraman di dunia, mengejutkan dunia dan mengundang kecaman.

Dikutip dari VOAINDONESIA, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang buru-buru kembali ke Tokyo dari kegiatan kampanye ke berbagai penjuru negara itu, menyebut penembakan itu “keji dan biadab”.

Gedung Putih menyatakan "terkejut dan sedih mendengar serangan kekerasan terhadap mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe". "Kami memantau dengan seksama semua laporan dan ikut mendoakan keluarga dan rakyat Jepang," kata seorang juru bicaranya, Jumat pagi.

BACA JUGA: Dubes RI Sampaikan Belasungkawa Mendalam atas Meninggalnya Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengirimkan harapan terbaiknya kepada keluarga Abe dan kecamannya terhadap serangan itu. “Spanyol bersama orang-orang Jepang dalam masa sulit ini,” katanya di Twitter.

Pemerintah Italia dan sejumlah anggota parlemen di seluruh spektrum politik mengutuk penembakan itu. Kantor Perdana Menteri Mario Draghi merilis pernyataan yang mengungkapkan perasaan solidaritas Spanyol terhadap Abe dan rakyat Jepang.

Matteo Salvini, pemimpin partai sayap kanan Italia, Partai Liga, menyatakan “kecemasan'' atas penembakan itu. Di Twitter, ia menyebut Abe sebagai “negarawan Jepang yang gagah berani.''

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock menulis di Twitter bahwa ia “terkejut atas berita bahwa Shinzo Abe ditembak. Pikiran saya tertuju padanya dan keluarganya.'' 

Baerbock dijadwalkan mengunjungi Jepang akhir pekan ini untuk menghadiri upacara peringatan serangan nuklir AS di Nagasaki dan bertemu dengan sejawat Jepangnya di Tokyo.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern sedang berada di Sydney untuk mengunjungi mitranya Anthony Albanese pada Jumat ketika mereka mengetahui berita itu. 

Ardern mengatakan ia “sangat terkejut.'' “Ia adalah salah satu pemimpin pertama yang saya temui secara resmi ketika saya menjadi Perdana Menteri. Ia sangat berkomitmen pada perannya, dan juga murah hati dan baik hati. Saya ingat ia bertanya setelah kehilangan binatang peliharaan kami baru-baru ini ketika saya bertemu dengannya, sebuah isyarat kecil tetapi mengungkap banyak mengenai seperti apa ia sesungguhnya,” kata Ardern.

Albanese menggemakan sentimen Ardern dalam cuitannya: “Berita mengejutkan dari Jepang bahwa mantan PM Shinzo Abe telah ditembak. Pikiran kami bersama keluarganya dan orang-orang Jepang saat ini.''

Para pemimpin di Asia juga tercengang. 

“Sangat terguncang oleh berita mengenai serangan terhadap teman baik saya, Shinzo Abe. Pikiran dan doa kami bersamanya, keluarganya, dan rakyat Jepang,'' tulis Perdana Menteri India Narendra Modi di Twitter.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengecam serangan terhadap Abe sebagai “tindakan kekerasan yang tidak masuk akal.”

Abe, 67, ditembak dari belakang di Nara, Jepang barat, saat menyampaikan pidato kampanye. Ia diterbangkan ke rumah sakit tetapi kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Abe adalah pemimpin terlama di Jepang sebelum mengundurkan diri pada tahun 2020 karena alasan kesehatan. Polisi telah menangkap seorang tersangka pria bersenjata di tempat kejadian.