Program Mahasiswa Magang Merdeka OK OCE, Solusi Lahirkan Generasi Pembuka Lapangan Kerja

MUS • Wednesday, 6 Jul 2022 - 12:21 WIB

Jakarta - Program Kampus Merdeka yang salah satunya adalah Magang Merdeka, memberikan kesempatan untuk para mahasiswa terjun langsung dalam mendapatkan pengalaman dari mitra yang mereka temui. Program magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa memberikan pendampingan bagi UMKM, yang merupakan solusi mengentaskan pengangguran dengan membuka lapangan kerja dengan kewirausahaan

Gerakan sosial OK OCE mendapatkan kesempatan untuk menaungi 58 mahasiswa yang memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM. Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi berharap mahasiswa banyak merasakan manfaat magang di OK OCE dan semakin mengetahui solusi-solusi apa yang diberikan bagi UMKM yang menghadapi kendala-kendala. Hal ini diungkapkan saat Closing Ceremony Magang Merdeka Bersama OK OCE, Senin, 4 Juli 2022, Jakarta. 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga salah satu perwakilan mahasiswa memaparkan apa saja kegiatan pendampingan yang mereka lakukan kepada UMKM. Salah satunya adalah penggunaan Instagram dalam berjualan hingga aplikasi antar makanan, seperti mendaftarkan ke aplikasi pengantaran jasa. 

Hasil pelaporan ini diapresiasi oleh Titik Lestari, Direktur Standarisasi Kompetensi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang hadir mewakili Menparekraf RI, yang juga Founder OK OCE, Sandiaga Uno. 

"Saya mengapreasiasi dengan diadakannya kegiatan ini, sehingga kita semakin terinformasi lagi apa saja yang harus dibenahi dan dilakukan bagi UMKM," jelas Titik. 

Mindset berwirausaha juga terus ditekankan bagi mahasiswa, jika nantinya mereka lulus tidak mencari kerja. Hal ini disampaikan oleh Indra Uno, Founder OK OCE. "Sudah enggak kerasa ya sudah mau selesai masa magangnya. Saya harap kalian nantinya bisa sukses berwirausaha mandiri, memberdayakan diri sendiri dan sekitar," ungkap Indra secara daring. 

Ketua Program MSIB Kampus Merdeka, Tutus Kusuma juga mengatakan, kegiatan ini akan terus berjalan dan OK OCE semoga dapat  berkolaborasi di batch selanjutnya.