Pemerintah Gelar Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Seluma dan Bangka Tengah

AKM • Wednesday, 22 Jun 2022 - 22:25 WIB

Jakarta- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dilaksanakan di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk Kabupaten Seluma jumlah desa pelaksana sebanyak 37 desa yang tersebar di 12 kecamatan dan Kabupaten Bangka dengan jumlah desa pelaksana sebanyak 29 desa yang tersebar di 6 kecamatan. 

Pada 2 perhelatan tersebut terdapat 120 calon Kades  dengan Jumlah DPT di Kabupaten Seluma sebanyak 23.029 orang yang tersebar di 65 TPS dan jumlah DPT di Bangka Tengah sebanyak 55.085 orang yang tersebar di 134 TPS.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bangka Tengah berdasarkan surat Bupati di wilayah masing-masing. Surat Bupati itu tetap mengatur penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS.

Dalam pelaksanaan pilkades serentak ini, Kementerian Dalam Negeri Melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mengadakan webinar untuk memantau pelaksanaan pilkades serentak di kedua kabupaten. Hal ini khususnya mengenai penerapan protokol kesehatan sesuai dengan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020  tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa dan memastikan jumlah DPT per TPS sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tanggal 10 Desember 2020 tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang berjumlah tidak lebih dari 500 DPT. 

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Seluma dan Bangka Tengah untuk tetap waspada dan tidak lengah terhadap pandemi Covid-19. 

“Terutama di tengah kemunculan kasus Omicron BA.4 dan BA.5 dengan memperkuat PPKM mikro melalui pengoptimalan posko desa, tetap mendorong penerapan 5M,” jelasnya.

Yusharto juga mendorong vaksinasi termasuk vaksin booster dan penyebaran covid 19.

“Mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya vaksin booster dan tetap melakukan pemantauan kondisi penyebaran Covid-19 pasca pelaksanaan pilkades serentak,” tamdasnya.