Mensos Risma Tegaskabn Penyandang Disabilitas di Indonesia Telah Jauh Lebih Maju

ANP • Tuesday, 21 Jun 2022 - 22:42 WIB

JAKARTA - Pada Oktober 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan High Level Meeting (pertemuan setingkat menteri) untuk membahas disabilitis di Asia Pasifik. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan peningkatan kualitas kehidupan untuk masyarakat disabilitas di Indonesia saat ini sudah lebih maju.

Menurut Risma Kementerian Sosial sudah banyak memberikan program dan pelayanan kepada masyarakat disabilitas.
Hal itu disampaikan Risma setelah ditemui usai menggelar audiensi dengan Sekretaris ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), Armida Salsiah Alisjahbana di Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022).

"Kita membagikan alat ubah suara ke teks ke anak-anak yang tuna rungu pada waktu kami launching Indonesia mendengar," katanya.

Selain itu, Risma menyebutkan pihaknya juga sudah memanfaatkan penyandang disabilitas untuk merakit alat-alat yang dibutuhkan bagi kelompok disabilitas.

Mantan Wali Kota Surabaya itu menyebutkan, pihaknya juga mendorong para penyandang disabilitas yang ada di Balai Kemensos sehingga mereka bisa mandiri secara ekonomi.

"Kami juga memanfaatkan tenaga kerja disabilitas, bahkan merekalah yang membuat dan merakit alat-alat untuk disabilitas," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris ESCAP, Armida Salsiah Alisjahbana menuturkan Indonesia akan menjadi tuan rumah High Level Meeting untuk membahas disabilities di Asia Pasifik.

Armida menuturkan dalam acara itu, pihaknya bersama Kemensos akan mengangkat sejumlah isu sosial bagi penyandang disabilitas.

Acara yang akan digelar pada Oktober 2022 mendatang itu akan mengangkat kebijakan-kebijakan yang implementatif, termasuk kesempatan kerja dan jaminan sosial.

"Termasuk bagaimana sejak usia dini dilatih mengikuti program-program rehabilitasi sosial dan sebagainya," tuturnya. (ANP)