Direkomendasikan Jadi Capres Nasdem, ini Jawaban Berkelas Anies Baswedan

MUS • Sunday, 19 Jun 2022 - 21:58 WIB

Jakarta - Partai Nasdem memutuskan telah mengusung tiga nama bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Dari tiga nama tersebut, salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Menanggapi hal itu, Anies Baswedan mengatakan, sebuah kehormatan baginya menjadi salah satu calon yang telah diusung Partai Nasdem. Menurut Anies, hal itu adalah sebuah terobosan baru karena telah memberikan kesempatan bagi pimpinan wilayah. 

BACA JUGA: Optimis Lolos Parlementiary Treshold 2024, Perindo Incar 23 Kursi DPR

"Respek kepada Ketua Umum Pak Surya Paloh dan seluruh jajaran yang memulai sebuah terobosan yang cukup baru, yaitu memberikan ruang kepada pimpinan wilayah untuk ikut menentukan untuk ikut mengusulkan," ujar Anies kepada wartawan, Sabtu (18/6/2022). 

Lebih lanjut Anies menuturkan, dia menghormati apa yang telah ditunjukan Nasdem kepadanya. Meski kata Anies, fokus utamanya kali ini adalah menuntaskan jabatannya guna membangun Jakarta. 

"Ini adalah sebuah kebaruan yang sangat diapresiasi dan saya saat ini masih menuntaskan tugas di Jakarta sampai dengan bulan Oktober. Jadi tentu saja fokus kami akan terus pada memastikan semua rencana di Jakarta bisa berjalan dengan baik," paparnya. 

Anies menambahkan, sudah menjadi komitmen baginya terlebih dahulu menyelesaikan tugas yang tengah dia emban. Terlebih, segala hal terkait program bagi Jakarta yang telah dia canangkan. 

"Karena inilah komitmen utamanya, dan kami berharap ini semua nantinya program-program di Jakarta bisa tuntas," tuturnya. "Tapi saya ingin sampaikan rasa terima kasih rasa hormat, bahwa seseorang yang bukan berasal dari dalam parpol mendapatkan kesempatan seperti yang disampaikan oleh DPP Nasdem," tambah Anies. 

Seperti diketahui, Nasdem memutuskan untuk mengusung tiga nama bakal capres di Pilpres 2024. Ketiga nama tersebut yakni, Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo. Anies dan Ganjar berlatar belakang kepala daerah. Sedangkan Andika berasal dari unsur TNI. 

"Saya bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden RI pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," kata Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, di Rakernas Nasdem, Jakarta, Jumat (17/6/2022).