BPOM Diminta Tindak Tegas Penjual Obat Ilegal

MUS • Thursday, 16 Jun 2022 - 23:36 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Alifudin berharap kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menindak tegas penjualan obat ilegal yang terjadi Indonesia, melalui online ataupun offline. 

“BPOM juga harus membuat program-program yang konkrit untuk mencegah akan beredarnya obat ilegal. Oke sudah ada data produk yang sudah ditindak oleh BPOM, tapi harus ada program pencegahan dan penindakan yang tegas” Ucap Alifudin saat memberi keterangan, Kamis (16/06).

BACA JUGA: Harry Tanoe Buka Pelatihan Jubir Perindo di Sumut

Alifudin juga meminta agar BPOM berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan jasa seperti marketplace, karena diduga banyak penjualan obat juat ilegal di toko online.

“Kita ini sekarang sudah zaman digital, sudah ada polisi cyber, bssn, seharusnya kolaborasi, dan juga jangan hanya program penindakannya, harus ada program pencegahan yang spesifik untuk masalah ini” tegas Alifudin.

Banyaknya promosi obat ilegal lewat toko online membuat banyaknya orang yang gampang sekali membuat dan menyebarkan penjualan tersebut, hal tersebut menandakan regulasi dan pengawasan yang lemah dari BPOM.

“Kami berharap, walau BPOM dalam tahun ke tahun memiliki data penindakan produk yang ilegal, tapi juga program penindakan yang solutif terkait hal ini, serta bukan hanya soal penindakan, pencegahannya pun harus dibuat programnya agar semua masyarakat bisa saling mengawasi,” tambah Alifudin.