Prudential dengan Habitat for Humanity Indonesia Kembali Jalankan Program Desa Maju

ANP • Sunday, 12 Jun 2022 - 00:51 WIB

Tangerang - Prudential Indonesia telah menyelesaikan tahap pertama Program Desa Maju Prudential, sekaligus meresmikan dimulainya pembangunan rumah serta fasilitas umum tahap kedua. Bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, Desa Maju Prudential merupakan program unggulan Community Investment Prudential Indonesia yang sudah berjalan selama 2 tahun diperuntukkan bagi masyarakat di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. 

Untuk menandai penyelesaian program tahap pertama, Prudential Indonesia melakukan serah terima 63 unit rumah beserta toilet baru yang layak, pembangunan 2 sumber air bersih beserta 272 meter sistem drainase, pemasangan 37 unit fasilitas cuci tangan portabel, penyelenggaraan Training WASH (Water, Sanitation and Hygiene) untuk 128 orang dan Training Konstruksi Dasar, Rumah Sehat untuk 51 orang, serta pendistribusian paket alat kebersihan diri untuk 617 keluarga dan voucher sembako untuk 562 keluarga.

Di tahap kedua, Program Desa Maju Prudential  juga turut melibatkan para relawan Prudential yang akrab dipanggil PRUVolunteers yang akan banyak terlibat dalam program tahap kedua, melanjutkan pembangunan untuk 50 rumah, 2 sumber air bersih, 25 konstruksi toilet rumah tangga, pemberian pelatihan WASH (Water, Sanitation and Hygiene) dan Konstruksi Dasar dan Rumah Sehat untuk para warga Desa Mauk. Yang berbeda dengan tahap sebelumnya, di tahap kedua ini, Program Desa Maju Prudential juga akan merenovasi fasilitas pendidikan di 2 sekolah, termasuk laboratorium komputer, toilet sekolah, perpustakaan, dan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

Michellina L. Triwardhany (Dhany), Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, kami memiliki komitmen jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui beragam produk dan inisiatif yang kami miliki. Program Desa Maju Prudential merupakan salah satu dari sejumlah besar inisiatif yang kami lakukan dan berdampak langsung dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat, dengan total valuasi yang didistribusikan untuk tahap pertama dan kedua mencapai hampir 10 miliar rupiah. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk terus melanjutkan sekaligus memperluas cakupan program ini.”

Program Desa Maju Prudential dimulai sejak 2 tahun lalu dan mengumpulkan total donasi sebesar Rp2 miliar melalui partisipasi masyarakat melalui event PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride. Pada event tersebut, Prudential Indonesia telah mendonasikan sebesar Rp2.600 untuk setiap kilometer yang dicapai oleh masing-masing peserta untuk mendukung perbaikan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Desa Mauk.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengatakan, “Kami sangat mendukung inisiatif Prudential Indonesia untuk membangun dan memperbaiki kehidupan keluarga berpenghasilan rendah di salah satu wilayah yang sangat membutuhkan perhatian dalam pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, akses air bersih, dan akses sanitasi layak di Indonesia. Inisiatif ini selaras dengan misi Habitat for Humanity Indonesia untuk membangun fondasi kehidupan, rumah layak dan mendukung program pemerintah “100-0-100”, yaitu pemenuhan 100 persen akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak.”

Selain acara serah terima program tahap pertama dan peresmian tahap kedua, Prudential Indonesia juga mengadakan kegiatan edukasi pengelolaan keuangan dasar bagi para tokoh masyarakat di Desa Mauk. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan warga setempat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan keluarga dan akan mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Asbihani, Kepala Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten mengatakan, “Kami sangat bersyukur atas bantuan dari Prudential Indonesia yang telah memberikan bantuan nyata untuk membantu kesejahteraan masyarakat di Desa Mauk. Bantuan dari Prudential Indonesia ini sejalan dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yaitu 50 usulan skala prioritas yang sudah disepakati untuk 2023 dengan memprioritaskan 4 bidang, termasuk ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. ”

Evi Yunarti, salah satu penerima bantuan unit rumah dari program ini mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi Prudential Indonesia atas inisiasi program Desa Maju Prudential. Dua tahun yang lalu, kami para warga Desa Mauk tinggal di rumah yang terbuat dari bilik bambu dan sulit mengakses air bersih. Kini kami memiliki atap bagi keluarga kami, rumah layak huni yang tidak hanya memberikan rasa aman, namun juga membuka peluang bagi kami untuk menjadi lebih produktif sehingga dapat mewujudkan taraf hidup yang lebih baik.

Program Desa Maju Prudential di Desa Mauk, Tangerang ini telah memperoleh apresiasi dari komunitas internasional. Program Desa Maju Prudential memperoleh Penghargaan Platinum untuk Program Komunitas Terbaik dalam event 13th Global CSR Summit and Awards 2021 oleh Pinnacle Group Global, sebuah penghargaan bertaraf internasional di bidang Corporate Social Responsibility. 

“Program ini juga sejalan dengan kampanye kami tahun ini #MadeforEveryFamily, yang fokus pada kesehatan dan kesejahteraan beragam tipe keluarga Indonesia. Melalui program Desa Maju Prudential, pesan yang ingin kami sampaikan lewat #MadeforEveryFamily semakin nyata, yaitu membantu seluruh keluarga Indonesia hidup lebih sehat dan lebih sejahtera, melalui berbagai solusi inklusif dan mudah diakses, sesuai dengan keunikan dan kebutuhan mereka,” tutup Dhany. (ANP)