Khofifah Apresiasi Gelaran Bulutangkis Piala Gubernur Jatim

MUS • Monday, 23 May 2022 - 09:40 WIB

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh kejuaraan Bulu Tangkis Piala Gubernur 2022, yang akan diselenggarakan 28 Mei sampai 4 Juni 2022 oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Timur.

Ketua KONI Jatim Moh. Nabil dan Ketua Pengprov PBSI Jatim Tonny Wahyudi didampingi Kadispora Pulung Chausar saat beraudensi dengan Gubernur Khofifah menyampaikan, selain dapat menjaring atlet-atlet muda baru berbakat, Gubernur Khofifah juga berpendapat bahwa event ini juga mendorong tumbuhnya semangat baru bagi proses pencarian dan pembibitan atlet bulu tangkis dari Jawa Timur. 

“Saya berharap ini dapat membangun semangat baru bagi jajaran Pengprov PBSI yang baru untuk melakukan konsolidasi sekaligus menguatkan jejaring m.pencarian dan pembibitan atlet bulu tangkis di Jawa Timur,” ujar Khofifah .

Khofifah mengakui keunggulan Jawa Timur yang merupakan salah satu ‘ladang’ pencetak legenda atlet-atlet bulu tangkis profesional tingkat dunia. Sebut saja maestro bulu tangkis Dunia Rudi Hartono, Alan Budikusuma, Minarti Timur, dan Soni Dwi Kuncoro.

“Mereka semua adalah simbol-simbol yang luar biasa sebagai pemacu semangat para atlet muda bulu tangkis Jawa Timur. Apalagi saat ini juga banyak sekali klub-klub besar nasional, yang mencari atlet di Jatim,” tandas Khofifah.

Gubernur Khofifah mengenang masa kejayaan para legenda bulu tangkis tersebut, yang merupakan gravitasi dan sumber inspirasi serta sosok pahlawan bagi atlet di zamannya sampai saat ini. .

“Piala Gubernur bukan hanya sekedar kompetisi, namun ada proses apresiasi bagi para senior dan semangat yunior untuk mengikuti jejak sukses luar biasa seniornya,” kata Khofifah.

Sementara itu Ketua PBSI Jatim Tonny Wahyudi mengatakan bahwa gelaran kejuaraan bulu tangkis Piala Gubernur ini merupakan salah satu proses penjaringan atlet. Mereka yang unggul nantinya akan dikirim mewakili Jawa Timur pada pertandingan Piala Presiden di Jakarta awal Agustus mendatang.

“Selanjutnya juga ada International Challenge yang diikuti oleh para atlet bulu tangkis dari seluruh dunia, yang akan diselenggarakan pula di GOR Sudirman Surabaya,” imbuhnya.

Untuk itu, PBSI Jatim dalam waktu dekat akan merenovasi GOR Sudirman Surabaya untuk mempersiapkan pertandingan mendatang. Termasuk pula pengembangan fasilitas asrama bagi para atlet binaan PBSI Jatim dan KONI Jatim.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu keseriusan kami dalam rangka pembibitan atlet-atlet bulu tangkis agar tidak keluar dari pembinaan dari Jawa Timur. Maka pembinaan dan pembibitan harus terus dilakukan,” ujar Tonny.

Dalam renovasi GOR Sudirman Surabaya seluas 800 meter tersebut, rencananya akan disediakan mess (asrama) bagi 84 atlet bulu tangkis Jawa Timur, baik putra maupun putri.

Tak hanya itu, untuk memaksimalkan hal tersebut KONI Jatim juga menyiapkan tim talent scouting dalam rangka pencarian bakat bibit atlet muda untuk dimasukkan dalam Puslatprov Jatim. Serta tim ahli gizi dan psikolog untuk memantau perkembangan dan kebutuhan para atlet. (Her)