7 Manfaat Menggunakan Aplikasi HRD Untuk Departemen HR

MUS • Sunday, 1 May 2022 - 12:47 WIB

Kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Termasuk dalam penerapan pengelolaan karyawan di dunia kerja. Dalam rangka mempermudah pekerjaan yang terkenal multitasking dengan load yang banyak, penerapan aplikasi di perusahaan sangatlah berperan di dalamnya.

Kebutuhan perangkat yang tepat dalam mendukung kinerja HRD mengelola SDM menjadi perhatian khusus di berbagai perusahaan.

Itulah mengapa banyak pelaku bisnis memilih aplikasi HRD untuk mendukung kinerja mereka. Dengan adanya aplikasi HRD, pelaku bisnis akan lebih mudah melakukan monitoring, evaluasi, bahkan feedback yang signifikan dari karyawannya.

Sebelum memutuskan untuk memilih aplikasi HRD yang tepat, mari kita lihat penjelasan singkat mengenai aplikasi HRD tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi HRD

Aplikasi HRD merupakan aplikasi yang berbasis software HRIS yang berperan dalam membantu HRD menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif, efisien, dan dengan hasil yang lebih akurat.

Dibandingkan dengan pengelolaan karyawan secara manual, tentunya penggunaan aplikasi HRD mampu mengoptimalkan kinerja HRD yang selama ini terkenal sangat kompleks.

Aplikasi HRD hadir dengan berbagai fitur dan teknologi dalam bentuk inovasi terbaru yang selalu mengikuti perkembangan kebutuhan perusahaan di lapangan. Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tanpa mengurangi esensinya.

Aplikasi HRD pada umumnya berperan dalam penyelesaian berbagai tugas HRD di lapangan. Tidak hanya mengelola payroll, tetapi juga berbagai macam tugas HRD yang berkaitan dengan manajemen karyawan mulai dari sistem rekrutmen hingga produktivitas karyawan.

Aplikasi HRD pada umumnya memberikan kemudahan akses yang tidak berpacu pada satu perangkat saja. Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan komputer, smartphone, maupun tablet sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengakses di manapun dan kapanpun mereka inginkan.

Aplikasi HRD Untuk Siapa?

Apakah Aplikasi HRD hanya untuk HRD saja? Tentu saja tidak. Perlu diketahui bahwa aplikasi HRD merupakan perangkat canggih yang dapat diakses siapa saja sebagai pelaku bisnis. Baik HRD maupun karyawan disarankan untuk menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan mobilitas mereka.

Bagi HRD, aplikasi HRD tentu saja digunakan dalam pengelolaan informasi karyawan. Mulai dari informasi dasar, kehadiran, perubahan jadwal, skema gaji, tunjangan, cuti, hingga berbagai jenis pajak yang harus dibayarkan oleh karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi HRD, tugas HRD dalam hal kalkulasi menjadi lebih ringan namun tetap akurat. Selama data yang diinput HRD dapat diakui keabsahannya, maka sistem dalam aplikasi HRD akan menganalisa dengan sempurna tanpa kurang suatu apapun.
Hal tersebut tentunya akan memberikan hasil penilaian yang valid terhadap suatu karyawan. Baik dari segi kinerja maupun performa, aplikasi HRD memberikan jawaban yang akurat terhadap penilaian karyawan setiap periodenya. Dengan berbasis pada sistem yang akurat, maka kesalahan kalkulasi dan evaluasi pun dapat dihindari.

Lalu apakah karyawan juga perlu memiliki aplikasi HRD? Tentu saja mereka seharusnya memiliki akses terhadap aplikasi ini. Berbeda dengan aplikasi HRD yang diberikan untuk HRD, para karyawan memiliki menu yang lebih sederhana. Misalnya saja, total frekuensi kehadiran, informasi gaji, tunjangan kesehatan, dan sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi HRD, karyawan mampu mengontrol kinerja mereka melalui kedisiplinan dan sebagainya. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi performa mereka, namun di sisi lain tentu akan berdampak pada motivasi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja dan produktivitas.

7 Manfaat Menggunakan Aplikasi HRD Untuk Departemen HR

Tugas dan tanggung jawab departemen HR untuk perusahaan sangatlah banyak, mulai dari melaksanakan rekrutmen, penilaian kinerja karyawan, melakukan survey kepada karyawan, dan sebagainya. Hal ini membuat HRD harus benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline.

Oleh karenanya, sudah banyak perusahaan yang menyadari bahwa tugas HRD begitu banyak dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan Aplikasi HRD. Penggunaan Aplikasi HRD bukanlah untuk menggantikan peranan staf HRD, melainkan untuk melengkapi dan membantu kinerja HRD agar lebih cepat dan tepat. 

Selain itu, apalagi manfaat dari Aplikasi HRD untuk HRD? 

1. Otomatisasi Penggajian
Setiap bulannya perusahaan akan menangani penggajian untuk banyak karyawan. Komponen dalam gaji karyawan sendiri begitu banyak, mulai dari iuran BPJS Kesehatan, pajak penghasilan, tunjangan, dan sebagainya. Komponen ini sering kali tertukar satu sama lain dan membuat perhitungan gaji tidak akurat. Tidak hanya itu, jumlah karyawan yang cukup banyak membuat HR sering kewalahan setiap masa penggajian tiba. 

Aplikasi HRD dapat mengotomatisasi penggajian menjadi lebih cepat. Sehingga HRD tidak butuh waktu lama untuk memproses gaji semua karyawan. Begitu gaji selesai dihitung, saat itu juga gaji karyawan akan dikirimkan ke rekening karyawan. 

2. Menilai Kinerja Karyawan Secara Serentak
Penilaian kinerja karyawan adalah hal lain yang tidak kalah penting dalam pengelolaan sumber daya manusia. Melalui penilaian kinerja, baik pihak manajemen, HR, dan karyawan dapat saling memahami kinerja yang telah mereka lakukan kemudian melakukan perbaikan untuk kinerja tersebut. Perbaikan yang berkelanjutan akan membawa kualitas kinerja yang lebih unggul, dan pada akhirnya akan membantu perusahaan dalam mencapai visi misi. 

3. Menyimpan Informasi dengan Aman
Informasi karyawan bersifat konfidensial. Dalam hal ini, HR dan perusahaan harus memahami bahwa segala penyalahgunaan dan manipulasi informasi karyawan akan merugikan baik itu untuk pihak karyawan maupun perusahaan. Untuk mengatasinya, Aplikasi HRD memiliki sistem keamanan yang kuat dan mampu menyimpan informasi karyawan dengan aman dan rahasia. 

Semua dilakukan dalam satu sistem terpusat 

Contoh Aplikasi HRD yang terbukti mampu menyimpan informasi karyawan dengan aman dan rahasia adalah Talenta by Mekari. Hal ini merupakan pembuktian komitmen dari Talenta by Mekari untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data serta informasi milik client. 

4. Menyederhanakan Administrasi 
Berbagai proses administrasi seperti approval cuti, pengajuan lembur, pencairan reimbursement biasanya memakan waktu cukup lama dikarenakan tidak tersedianya sistem yang memadai untuk menjalankan proses tersebut. Namun, berkat adanya software dalam pengelolaan SDM, HRD dapat menyederhanakan berbagai proses administrasi dengan mudah dan cepat. Karyawan pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menerima pencairan dana dan approval dari HR. 

5. Membantu Pengadaan Survey Karyawan
Engagement atau keterlibatan karyawan dalam perusahaan akan berpengaruh kepada kinerja karyawan. Maka dari itulah perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan engagement karyawan. Salah satunya melalui survey karyawan. Akan tetapi, mengadakan survey karyawan untuk seluruh karyawan dalam perusahaan memakan waktu yang agak lama. Apalagi jika jumlah karyawan dalam suatu perusahaan sangat banyak. 

Aplikasi HRD akan membantu divisi HR untuk menyelenggarakan survei karyawan secara serentak. Begitu survey diisi oleh karyawan, data, dan informasi akan masuk ke dalam sistem. HR cukup tinggal mengolah dan menganalisis data yang sudah direkam oleh sistem. Jadi, lebih hemat waktu dan efisien. 

6. Memantau Absensi Lebih Detail
Absensi karyawan biasanya akan mencerminkan apakah karyawan dalam suatu perusahaan cukup disiplin atau tidak. Semakin sering karyawan datang terlambat, berarti karyawan itu bisa dikatakan tidak disiplin. Sayangnya, HR tidak bisa selalu bersiap untuk mengawasi absensi karyawan jika masih mengandalkan absensi manual. 
Namun, dengan menggunakan absensi yang berbasis software, HR dapat memantau segala data kehadiran karyawan secara real time. Maka dari itu pula tingkat ketidakdisiplinan karyawan bisa terminimalisir. 

7. Paperless
Manfaat terakhir yang bisa perusahaan Anda rasakan dari menggunakan Aplikasi HRD adalah paperless. Karena paperless, Anda tidak perlu lagi menangani dokumen kertas yang menggunung dan merepotkan. Tidak ada lagi tumpukan arsip di lemari dokumen! Tentu saja hal ini akan memudahkan kinerja divisi HR. 

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat soal manfaat Aplikasi HRD untuk divisi HR. Implementasi software diharapkan mampu melengkapi peranan HR, sehingga akan terbentuk kualitas karyawan yang unggul dan baik berkat maksimalnya kinerja HR. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

Kelola Kebutuhan HRD dengan Aplikasi Talenta by Mekari 

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:
1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah
Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. 

Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.