Kementerian PUPR Cek Kondisi Jalan Sambil Berbagi Takjil

FAZ • Tuesday, 26 Apr 2022 - 00:02 WIB

Jakarta - Kementerian PUPR menggelar kegiatan mudik dengan berbagi takjil sekaligus memantau kesiapan dan kondisi jalan di sejumlah ruas tol di Jawa dan Lampung.

Kegiatan bertajuk Mudik Aman dan Sehat Bersama PUPR ini di pusatkan di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek dengan berbagi takjil kepada para pemudik yang beristirahat dan ingin berbuka puasa, Sabtu (23/4).

Bagi-bagi takjil di rest area KM 57 ini disambut antusias para pengunjung yang kebetulan ingin berbuka puasa. Nita (36), yang ingin mudik ke Pemalang merasa senang dengan pembagian takjil dari PUPR.

“Terima kasih ya, takjil jelang berbuka sangat membantu, apalagi sejumlah gerai dan tempat makan di sini sudah penuh, lumayan buat ganjel. Terima kasih PUPR,” ujar Nita senang.

Saat ditanya tentang kesannya mudik tahun ini, Nita merasa senang bisa kembali pulang kampung setelah dua tahun tidak pulang. Ia mengikuti himbauan presiden Jokowi agar mudik lebih cepat untuk menghindari kemacetan.

Disela pembagian takjil, Tim PUPR juga melakukan pemantauan langsung situasi dan kondisi di tiga lokasi melalui Live IG termasuk mewawancarai praktisi media dan selebgram terkait mudik tahun ini.

Dalam pemantauan mudik H-9 menjelang hari raya,  di tiga lokasi yaitu di Jawa TengahTengah, Jawa Timur dan Lampung secara umum aktivitas mudik masih normal. Belum terjadi kepadatan signifikan sehingga terpantau lancar.

Seperti di KM 519, Solo - Ngawi, Jawa Tengah, arus lalu lintas terpantau lancar sementara kondisi fasilitas pendukung jalan dalam kondisi baik. Sementara di Jawa Timur di KM 753 surabaya - Gempol dilaporkan kondisi infastruktur jalan dalam kondisi prima dengan arus lalu lintas normal.

Di Kota Lampung, Gerbang Tol Kota Baru, melalui IG live Kementerian PUPR, juga terpantau lancar, belum terjadi kepadatan arus mudik. Lampung sendiri siap menyambut kedatangan pemudik dari sejumlah wilayah di tanah air.

Kesiapan yang sama juga disampaikan Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono kepada Tim PUPR. Aldi Subartono mengatakan seluruh jajaran Polres Karawang khususnya dan kepolisian pada umumnya siap siaga menyambut arus mudik tahun ini dan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Kementerian PUPR.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran kegiatan mudik. Kami ingin masyarakat merayakan lebaran di kampung halaman dengan bahagia, salah satunya kelancaran di perjalanan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Tim Kementerian PUPR juga menanyakan tentang kesiapan dan kebijakan mudik tahun 2022 yang dilakukan pemerintah kepada Praktisi Media, Gaib Maruto Sigit dan Selebgram, Dazen Vrilla melalui Live IG.

Dalam live IG itu, Gaib dan Dazen  sepakat bahwa mudik tahun ini menjadi istimewa setelah dua tahun tanpa mudik. Sehingga diperlukan kesiapan semua pihak termasuk para pemudik itu sendiri agar lebih bijak di perjalanan, seperti mempercepat waktu mudik, tidak membawa barang berlebihan dan tidak mengetahui jalur-jalur alternatif.

“Menurut saya, pemerintah sangat serius menyiapkan infrastruktur dan pengaturan mudik tahun ini. Seperti penerapan ganjil genap, one way dan menyiapkan jalur alternatif, seperti pansela. Tinggal perilaku kita para pemudik di jalan, seperti paham jalur alternatif, mengetahui jadwal gage dan tidak perlu memaksakan diri untuk ngebut jika jalan lancar atau saat ngantuk tetap nyetir karena itu membahayakan semua pihak,” ujar Gaib.

Sementara, Dazen Vrilla yang juga news anchor di salah satu stasiun tv menyoroti kesiapan pemudik khususnya kondisi kendaraan pribadi yang akan digunakan.

“Pastikan kendaraan kita prima, servis dulu sebelum mudik apalagi dalam perjalanan yang jauh. Jangan bawa barang berlebihan, siapkan makanan dan minuman secukupnya. Kotak P3K serta obat-obatan yang diperlukan. Siapkan diri dan mental untuk kemungkinan-kemungkinan kemacetan total yang sulit dihindari dan dipredikasi,” kata Dazen.

Gaib dan Dazen berharap agar para pemudik melihat alternatif jalan selain Pantura, yakni Lintas Pantai Selatan atau Pansela yang sudah disiapkan Kementerian PUPR sebagai jalur alternatif untuk mengurai kemacetan. Pansela memiliki kelebihan pemandangan yang eksotik dan kuliner yang cukup banyak di sepanjang jalan sehingga mudik jadi lebih asik.