Hari Kartini, Kini Perempuan Semakin Berkontribusi pada Pembangunan

ANP • Thursday, 21 Apr 2022 - 22:58 WIB

Jakarta - Hari ini (21 April 2022 diperingati sebagai hari Kartini. Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, saat ini perempuan semakin berkontribusi pada pembangunan di Tanah Air.

“Peran perempuan tidak hanya di rumah saja, tetapi saat ini sudah menjadi pimpinan organisasi maupun pengambil keputusan,” ujar Giwo dalam webinar “Peran Wanita dalam Industri Wisata di Masa Depan” di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Dia menjelaskan saat ini semakin banyak perempuan yang mengisi posisi strategis dalam suatu organisasi dan semakin memiliki kontribusi pada pembangunan. Hal itu dapat menggugah semangat, menambah pengetahuan serta mendukung pembangunan bangsa.

“Termasuk dalam mengembalikan sektor pariwisata di Tanah Air,” kata dia.

Melalui webinar tersebut, Giwo berharap dapat menguatkan perempuan dalam mengambil keputusan baik dari sisi destinasi, transportasi dan akomodasi. Sektor pariwisata telah memiliki kontribusi nyata dalam membuka lapangan kerja, menggerakkan perekonomian serta mendorong pembangunan wilayah dan kepariwisataan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan perempuan memiliki peran penting dalam kebangkitan UMKM di Tanah Air.

“Bangkitnya perekonomian nasional adalah bangkitnya UMKM, serta bangkitnya perempuan Indonesia yang berdaya khususnya pada bidang ekonomi sebagai pelaku usaha UMKM, yang memiliki peranan sangat penting bagi ketahanan ekonomi keluarga juga negara,” terang Sandiaga.

Perempuan sendiri memiliki peranan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yakni pemberdayaan ekonomi perempuan di destinasi wisata super prioritas, fasilitasi akses bagi pelaku UMKM perempuan, inklusivitas dan kesetaraan gender pada industri pariwisata, partisipasi perempuan dalam digital startup, dan data terpilah gender di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pemerintah juga memberikan apresiasi melalui apresiasi kreasi Indonesia, yang mana bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan pameran bagi pelaku ekonomi kreatif yang diselenggarakan di 16 kota dan kabupaten,” jelas Sandiaga.

Webinar tersebut dihadiri sejumlah narasumber lainnya di antaranya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Dosen UGM yang juga Ketua Yayasan Hari Ibu Kowani, Prof Wiendu Nuryanti, dan lainnya. (ANP)