Lepas Tim Mudik Lebaran MNC Media, Menhub: Lonjakan Pemudik Tahun Ini Akan Luar Biasa

MUS • Thursday, 21 Apr 2022 - 18:31 WIB

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam pelepasan Tim Liputan MNC yang bertugas menyampaikan informasi arus mudik dan balik Lebaran 2022. Turut hadir dalam pelepasan tim mudik, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi serta Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi.

Budi Karya mengatakan, peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat penting khususnya dalam kegiatan pelaporan informasi terkait mudik.

“Memang tadi seperti yang disampaikan oleh pak Hary Tanoe, lonjakan tahun ini sangat luar biasa dan kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak-pihak termasuk media,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, Kamis (21/4/2022).

Menhub menyebutkan, ada tiga rekayasa lalulintas yang akan dilakukan di masa mudik Lebaran 2022 mulai manajemen rekayasa lalu lintas dari penerapan ganjil genap, sistem satu arah (One Way), peniadaan kendaraan tiga sumbu dan optional yang dilakukan secara bersamaan dalam pelaksanaannya.

“Jadi ini butuh effort yang sangat luar biasa, tapi kami mulai Sabtu ini bersama Kakorlantas sudah mulai melakukan rekayasa bersama Kakorlantas,” tambahnya.

Dengan adanya tim peliputan dari media khususnya MNC Media, kemenhub berharap mudik dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan sejumlah informasi yang maksimal kepada masyarakat.

“Dengan dibantu dengan tim Pak HT (MNC Media), semoga berjalan dengan baik sama kaya lagunya tulus hati-hati di jalan,” pungkasnya

Sebagai catatan, Kemenhub Perhubungan memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April 2022. Masyarakat diharapkan bisa mempersiapkan mudik jauh-jauh hari pemberangkatan sebelum puncak arus mudik, guna mengurai kemacetan lalu lintas.

“Kami imbau masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan mudik lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan,” tandasnya.

Sementara itu, sebanyak 120 Tim MNC Media akan bertugas mulai 25 April hingga 19 Mei 2022 mendatang guna memantau situasi dan kondisi di jalur-jalur yang akan dilalui masyarakat saat mudik Lebaran 2022.

Hary Tanoesoedibjo mengatakan, jika tim mudik dan arus balik sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan MNC Group untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

"Tim ini membantu masyarakat untuk mengetahui arus lalu lintas baik saat mudik ataupun arus balik. Kami juga menayangkan sejumlah informasi empat stasiun televisi (RCTI, Global TV, iNews dan MNC TV) yang bisa membantu masyarakat melaporkan suatu informasi kepada pemirsa," katanya.

Dia menjelaskan, selain membantu masyarakat dengan pemberitaan oleh Tim Mudik MNC Group, ini dapat meringankan tugas pemerintah dan Kepolisian yang turut serta bertugas di dalam arus mudik 2022.

"Kepada adik-adik dan tim yang bertugas liputan hati-hati di jalan," ungkapnya.