Dies Natalis ke-24, Institut Teknologi PLN Siap Cetak Mahasiswa yang Bersaing Untuk Terapkan Energi Terbarukan di Masa Depan

FAZ • Friday, 1 Apr 2022 - 18:26 WIB

Jakarta - Institut Teknologi PLN (IT PLN) melaksanakan Dies Natalis ke-24 dengan mengambil tema 'Berkolaborasi dan Bersinergi Membangun Negeri' di Ruang Pembangkit Lantai 2, Gedung IT PLN, Cengkareng, Jakarta Barat  pada (1/4).

Acara Dies Natalis yang diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) diisi dengan berbagai acara mulai dari sidang senat terbuka hingga orasi ilmiah. 

Rektor IT PLN, Prof. Dr. Iwa Garniwa Mulyana K., MT menyebut bahwa civitas akademik kampus IT PLN akan menghadapi tantangan berupa perubahan energi di masa mendatang. 

Tantangan itu, menurut Iwa mampu dijawab dengan terjalinnya sinergitas antar pemerintah, pihak swasta dan juga lembaga pendidikan. 

"Temanya kolaborasi dan sinergi untuk bangun negeri pengeritiannya adalah membangun negeri punya dan kita punya visi itu, kita ingin jadi IT PLN jadi perguruan tinggi yang modern, unggul dibidang teknologi dengan berwawasan lingkungan," kata Iwa dalam konferensi pers. 

Memasuki usia ke 24 tahun ini, Iwa menyebut mahasiswa di IT PLN harus siap menghadapi tantangan tersebut. 

"Kita sedang transisi energi dan akan menuju zero emisi, kita selaku pencetak sumber daya manusia harus siap meghadapi momentum itu di 24 tahun ini," kata Iwa. 

Sebagai bentuk persiapan menghadapi tantangan itu, Iwa menyebut ada program jangka pendek, menengah, dan panjang yang dilakukan IT PLN. 

Langkah pertama adalah bersinergi dengan seluruh komponen internal IT PLN. 

"Langkah menengah adalah membangun infrastruktur SDM seperti, dosen kita kurang S3 ya kita sekolahkan, kemudian kita harus melakukan penelitian dan melakukan pengabdian kepada masyarakat," kata Iwa.

Langkah berikutnya mendorong para mahasiswa dan dosen untuk berkarya melalui masyarakat lewat riset-riset yang telah dilakukan. 

Dengan hal itu, Iwa yakin lulusan IT PLN mampu menghadapi tantangan perubahan energi dan dibutuhkan di tengah masyarakat. 

Rektor ITPLN menyampaikan saat ini saja, mobil listrik hasil inovasi mahasiswa Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN sedang berkompetisi di ajang "Formula Racing Electric Students Championship 2022" di "Indonesia International Motor Show" (IIMS) di Kemayoran.

Prof Iwa juga menghimbau saat ini kita harus bijak menggunakan energi dan jangan sungkan menggunakan energi baru terbarukan karena kita harus mewariskan kepada generasi mendatang lingkungan yang sehat dan hijau.

Untuk jangka panjangnya, pihaknya akan menuju "world class university". "Itu impian dari seluruh universitas," kata dia.

Iwan berharap, IT PLN bisa dipercaya masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan teknologi terbarukan demi kemajuan bangsa.

Dalam Dies Natalis IT PLN juga terdapat orasi ilmiah dengan tema “Peran Energi dan Teknologi Untuk Menuju Indonesia Hijau” yang disampaikan oleh Yusuf Didi Setiarto (DirMSDM PT PLN), Prof. Teuku Faisal (PLT Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dan Herman Darnel (Anggota Dewan Energi Nasional).