Sambut Haji 2022, PKS: Pastikan Alokasi Kuota Ideal

MUS • Wednesday, 23 Mar 2022 - 10:12 WIB

Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis meminta Menteri Agama Republik Indonesia agar kepastian kuota haji tahun 2022 ini mendapatkan alokasi kuota yang ideal.

“Kepada Kementerian Agama Republik Indonesia, Saya meminta dengan tegas untuk kuota pemberangkatan haji tahun 2022 ini, agar bisa dipastikan untuk mendapatkan jumlah yang sesuai karna mengingat Indonesia ini sudah hampir 2 tahun tidak ada keberangkatan Haji ke Tanah Suci. Segera mungkin Menteri Agama saya harapkan terkait kuota Haji tahun ini dapat di putuskan keputusan akhir nya karena pasti nya masyarakat kita sudah menunggu antrian pemberangkatan Haji ini”, ujar Iskan.

Politisi asal Sibuhuan ini juga menambahkan bahwa Kementerian Agama harus segera koordinasi tentang kuota pemberangkatan kepada Instansi di Kerajaan Arab Saudi,

“Kementerian Agama harus segera berkoordinasi terkait proses pengambilan keputusan tentang kuota pemberangkatan haji kepada Instansi di Saudi, hal ini diupayakan untuk percepatan pengambilan keputusan tentang kuota pemberangkatan haji. Saya harapkan pemberangkatan Haji di tahun ini dapat mendapatkan alokasi kuota 50 persen keatas, agar antrian pemberangkatan Haji dari tahun 2020 itu dapat terurai”, tegas Iskan.

Lebih lanjut Iskan juga menambahkan bahwa Kementerian Agama harus fokus pada kepastian kuota pemberangkatan Haji tahun ini.

“Pemberangkatan Haji yang akan diselenggarakan Tahun 2022 ini juga saya minta agar Kementerian Agama dapat memastikan seluruh jumlah jamaah haji yang dapat di berangkatkan ke Saudi, pasalnya di Tahun 2019 data terakhir itu sekitar 2.5 juta Jamaah yang dapat berangkat, oleh karenanya saya minta kepada Menteri Agama Republik Indonesia agar dapat di pastikan berapa jumlah jemaah Haji tahun ini yang akan diberangkatkan”, pungkas Iskan.