Tik Talk Live Trijaya: Kunci Usaha Berkembang ada di CEO dan Dana Awal

MUS • Wednesday, 2 Mar 2022 - 09:56 WIB

Jakarta - CEO merupakan pilar utama dalam memulai sebuah usaha. Selain itu modal juga dibutuhkan, dan merekrut tim yang benar sekaligus cocok dengan usaha yang akan di mulai.

Enterpreneur dan investor, Stephanie Yoe dalam “Tik Talk Live Trijaya” mengatakan, setiap akan memulai usaha kita harus bisa mencari pasangan usaha yang sesuai bidangnya, dan yang bisa juga menjadi backup untuk kedepannya agar saling melengkapi. 

“Kalau kamu tidak punya uang modal, ga mungkin kamu mau kerjain semuanya sendiri. Itulah alasan kenapa kita butuh co founder,dia bisa backup apa yang kita engga bisa,” kata Steph di TikTok @iamstephyoe kepada @mnctrijaya, senin (28/2/2022).

Modal adalah kunci utama membangun usaha. Selain itu kita juga harus bisa mencari tim yang bisa saling melengkapi dan saling mengerti satu sama lain. 

“Sebagai leader kita harus bisa lakukan yang terbaik dan berkembang dengan waktu yang cepat, salah satu tantangan dalam membuka usaha adalah mencari dan membangun tim yang solid,” pungkas Steph.

Kata Steph, SDM Indonesia tidak kurang untuk membangun usaha. Tapi tantangan terbesar membangun sebuah usaha adalah mencari orang yang benar-benar memiliki kemauan, yang sesuai dengan pekerjaannya.

“CEO tidak mungkin membangun perusahaannya sendiri, seiring berjalannya waktu perusahaan akan membutuhkan orang orang yang benar untuk berkembang,” jelas Steph

Sebagai CEO yang baik kita juga harus bisa mengerti keadaan perusahaan sampai keadaan pembeli atau customer. CEO juga seharusnya mengerti semua hal, mulai dari hal kecil yang berjalan didalam perusahaan kita. (Ris)