Menperin: Lima Juta Pekerja Industri Ditargetkan Mendapatkan Vaksin Booster

AKM • Thursday, 24 Feb 2022 - 18:26 WIB

Bekasi - Pemerintah memprioritaskan pemberian vaksin booster Covid 19 bagi para pekerja Industri  di Indonesia. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan vaksin booster COVID-19 dapat menjaga produktivitas manufaktur, sehingga akan dilaksanakan untuk para pekerja industri di seluruh Indonesia.

"Target kami lima juta pekerja industri mendapat booster. Kalau saat ini sepertiga nya sudah mendapat booster, kami lanjutkan untuk 2,9 juta lainnya termasuk keluarganya," kata Menperin Agus usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Kick Off Vaccine Booster Sektor Industri, Bekasi, Kamis (24/02).

Menperin menyampaikan Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19, di mana saat ini varian Omicron tengah merajalela.

Pada situasi tersebut, sektor industri manufaktur tetap harus berproduksi guna menjaga pergerakan ekonomi nasional. Untuk itu, sesuai arahan Presiden Jokowi, seluruh pekerja industri harus dalam kondisi prima untuk melakukan produksi.

Beberapa cara yang diterapkan adalah menjaga protokol kesehatan di lingkungan pabrik dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di lingkungan produksi.

Selain itu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggalakkan program vaksinasi booster untuk seluruh karyawan pabrik beserta keluarganya.

"Vaksinasi ini bisa memproteksi tubuh manusia daru terserang COVID-19. Kalaupun terserang, gejalanya akan ringan," ujar Menperin Agus.

Sebagai pembina industri, lanjut dia, Kemenperin memiliki kepentingan untuk menjalankan arahan Presiden Jokowi tersebut dengan menjadikan sektor industri prioritas sebagai penerima vaksin booster.

"Oleh karena itu Presiden Jokowi memerintahkan kepada saya dan Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi untuk ke depan sektor industri diprioritaskan untuk mendapatkan booster. Termasuk keluarga dari sektor manufaktur," kata Menperin Agus.