Pemerintah Janjikan Subsidi Kedelai, Perajin Tahu Tempe Batal Mogok Produksi

FAZ • Wednesday, 23 Feb 2022 - 08:02 WIB

Jakarta - Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Jawa Tengah membatalkan rencana mogok produksi seiring kenaikan harga kedelai. Pembatalan aksi mogok produksi tersebut karena sudah tercapai kesepakatan dengan pemerintah.

Ketua Pusat Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Puskopti) Jawa Tengah, Sutrisno Supriantoro mengatakan, bahwa sudah terjadi kesepakatan antara Gakoptindo dengan pemerintah.

Pemerintah akan membantu perajin agar harga kedelai menjadi terjangkau sehingga perajin tetap bisa berproduksi.

"Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memutuskan untuk membantu subsidi sebesar Rp1.000 per kilogram kedelai. Misal kalau saat ini harga sekitar Rp11.300 per kilogram, maka nanti dapat subsidi Rp1.000 sehingga kita beli sekitar Rp10.300," kata Sutrisno kepada Radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic Pagi, Selasa (22/02/2022).

Selain itu, Sutrisno menambahkan ada tiga hal yang diajukan oleh Kopti kepada pemerintah yaitu salah satunya menjamin ketersediaan kedelai selama tiga bulan ke depan.

"Dalam pembicaraan tersebut kami meminta agar pemerintah menjamin ketersediaan bahan baku kedelai selama tiga bulan ke depan, jaminan harga tidak mengalami fluktuasi dan dipastikan berada pada kisaran Rp 10.000 hingga 10.500 per kilogram dan kami juga meminta pemerintah mengumumkan kenaikan harga tempe dan tahu sebanyak 20-25%,” ucapnya

Sutrisno menuturkan, meski sudah ada imbauan pembatalan mogok produksi, masih ada perajin yang tidak memproduksi. Karena itu, Sutrisno meminta kepada pemerintah untuk mengatur tata niaga kedelai.

“Kami meminta kepada pemerintah untuk tata niaga kedelai supaya tidak diberikan ke swasta,” tutupnya. (Lif)