Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI Gelar Workshop dan Lomba Media Pembelajaran Sebagai Solusi Pembelajaran Daring

ANP • Wednesday, 23 Feb 2022 - 07:20 WIB

JAKARTA - Dalam menghadapi pembelajaran daring, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI melakukan kegiatan Workshop Media Pembelajaran dan Lomba Media Pembelajaran tingkat Nasional untuk Mahasiswa S1 Biologi dan Pendidikan Biologi.
Acara dibuka oleh Kaprodi Prof. Dr Marina Silalahi, S.Pd., M.Si dan Dekan FKIP Bapak Dr. Drs. Sunarto, M.Hum. Dengan acara ini, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa atau calon guru yang inovatif dan kreatif. Workshop ini di moderator oleh Febi Riana dan Junna Christin yang dilakukan secara daring via Zoom, Sabtu, 12 Februari 2022, yang diikuti oleh mahasiswa, guru, dosen, dan praktisi lainnya. 
Novalina, sebagai narasumber pertama, mengatakan bahwa pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan topik Pencemaran Lingkungan, sangat cocok bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPS. Isi modul tersebut juga memperhatikan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik jurusan IPS. 
Begitu pula Fajar Adinugraha, M.Pd, dosen tetap Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI, yang memberikan pandangannya terhadap media pembelajaran baik blog maupun video pembelajaran, yang dipublikasi di web dan youtube, dengan tujuan agar siapa pun bisa melihat dan mempelajari materinya berulang-ulang kali. Sebagai seorang guru, harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang selalu berubah. Video pembelajaran yang diupload di youtube dapat dijadikan alternatif pembelajaran sehingga siswa bisa mengunduh materi yang dibuat oleh gurunya sendiri.
Narasumber ketiga, Risya Pramana Situmorang, M.Pd, dosen tetap Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Biologi UKSW, juga menjelaskan beberapa landasan teoritis dan praktis mengenai pengelolaan beban kognitif pada desain multimedia interaktif. Bapak M. Syahriramdani, M.Ikom, sebagai narasumber keempat dari Fisipol USNI menjelaskan mengenai Teknik dasar videografi yang dapat diterapkan dalam media pembelajaran.
Lomba Media Pembelajaran dengan judul Biology Diversity Learning Media juga dilaksakana dari Januari-Februari 2022. Lomba ini berupa pembuatan video kreatif yang kemudian dinilai oleh juri dan ditetapkan juara sebagai berikut. Juara 1 (Umi Helvydah-USN Kolaka), Juara 2 (Liana S Simanullang-UKI), Juara 3 (Cantika R Handani dkk-UKI), Juara Harapan 1 (Novika E Sitepu dkk-UKI), Juara Harapan 2 (Rila N Herlambang-UNJ), Juara Harapan 3 (Inriani-UKI). Lomba ini diharapkan dapat menjadi ajang aktualisasi diri mahasiswa dalam membuat video pembelajaran yang inovatif dan kreatif. (ANP)