Dosen UMB Dorong Pengembangan Produk Fashion UMKM di Joglo Jakarta Barat

ANP • Tuesday, 22 Feb 2022 - 22:36 WIB

JAKARTA - Selasa 22 februari 2022, adalah waktu dimana Universitas Mercu Buana melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan UMKM Bidang Fashion di Kelurahan Joglo sebagai Mitra Kerjasama.

PKM ini adalah wujud dari pemenuhan Tridharma para dosen sebagai tenaga pengajar di UMB yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Acara ini Dibuka dengan sambutan dari Lurah Joglo yaitu Drs. Matrullah, dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala KKRPM FEB yaitu Dr. Ririn Wulandari, SE.MM.

Dalam sambutan tersebut, Matrullah menyampaikan sangat menyambut para dosen dan mahasiswa dalam acara ini karena acara ini sangat memberikan inspirasi dan masukan ilmu pengetahuan untuk para UMKM di wilayah joglo, dikarenakan kebutuhan mereka yang banyak mengalami kendala usaha di era pandemic ini. Khususnya usaha dalam bidang fashion dan seni. Walaupun acara ini dilakukan secara virtual dengan mengusung tema “Keberlangsungan Usaha Pengembangan Produk Fashion: Craft dan Seni di Kelurahan Joglo”. Tetapi tidak mengurangi maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh para Narasumber kepada UMKM di acara Webminar ini. 
 
Gambar Webinar PKM bersama UMKM Joglo
Masing-masing Narasumber memberikan penjelasan terkait tema yang dipaparkan sesuai dengan bidang keilmuannya, terlebih lagi para UMKM merasa puas karena dapat menambah pemahaman dan wawasan tentang bidang fashion: seni dan craft guna mewujudkan keberlangsungan usaha fashion mereka di masa depan.

Terdapat 10 tema tentang keberlangsungan bidang fashion yang dibawakan oleh masing-masing Dosen sebagai Narasumber. Narasumebr pertama dipresentasikan oleh Hamdan, SE, MM melalui tema “Pendekatan Konsep Green Fashion dalam Mewujudkan Sustainable Green Development di Kelurahan Joglo”, selanjutnya tema kedua dipresentasikan oleh Rachi Titi Ramadhani Sari SE, MM tentang “Pendampingan Penentuan Harga pada Produk Kreativitas Craft dan Seni di Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat”, ketiga dipresentasikan oleh Septiani Juniarti, SE, MM dengan tema, “Memanfaatkan Kecanggihan Tekhnologi Dibidang Financial dan Marketing untuk Produk Fashion dan Tas pada Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Joglo”, dan tema keempat dipresentasikan oleh Indra Raharja ST, MBA, dengan tentang “Pemanfaatan Aplikasi Imojii untuk Peningkatan Pemasaran Digital Produk Fashion di Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat”, 

Selain itu tema yang kelima dipresentasikan oleh Narasumber yaitu Abdul Rahmat, SE, MM, “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Joglo”, selanjunya tema keenam oleh R. Joko Sugiharjo, Ir, MM, dengan tema “Meningkatkan Kinerja SDM untuk Menumbuhkan Perekonomian UMKM di Kelurahan Joglo”, ketujuh oleh Abdul Gani, SE, MM, “Sistem Pemasaran Berbasis Digital untuk Keberlangsungan Usaha Produk Kreatif di Kelurahan Joglo”, kedelapan oleh Diky Firdaus S.Kom, MM, “Sosialisasi Warung Pintar Usaha Dagang Gotong Royong Tingkat Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Joglo Jakarta Barat”, kesembilan oleh Amzad Samudro, SE, MM, “Memanfaatkan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing untuk Mecapai Keunggulan Bersaing dan Peningkatan Penjualan Usaha Fashion di kelurahan Joglo”, dan tema yang terakhir dipresentasikan oleh Chairiel Oktaviar SE, MM, “Mempertahankan Keberlangsungan Usaha dan Pengembangan Produk Kreatif Saat Pandemic Pada UMKM di Wilayah Kelurahan Joglo”.

Sementara sambutan yang diberikan oleh Dr. Ririn Wulandari selaku Ketua Riset dan Pengembangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMB, dalam kesempatan ini beliau memberikan semangat dan motivasi bagi para Narasumber agar bisa memenuhi Tridarma sebagai Dosen yaitu Penelitian, Pengabdian dan Pengajaran dengan lebih baik lagi setiap tahun nya dan bisa mencapai publikasi hingga jenjang internasional. Webminar ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh peserta UMKM yang antusias dan semangat. Mereka sangat menyimak acara dan melontarkan pertanyaan yang bersifat membangun untuk kemajuan dan konsistensi usaha mereka dengan kondisi covid 19 yang masih melanda Indonesia dan dunia. 

Sebagai penutup acara ini, para Narasumber memberikan doorprize bagi pertanyaan yang terbaik dan konsistensi peserta yang masing mengikuti webminar hingga akhir acara. Lalu ditutup dengan keseruan berfoto bersama secara virtual dan ucapan terima kasih dari ketua penyelenggara webminar berkat kelancaran webminar ini. (ANP)