Ini Aturan yang Tepat untuk Kombinasi Jus Buah dan Sayur

ANP • Thursday, 17 Feb 2022 - 11:40 WIB
Sumber : Pixabay.com

JAKARTA - Buah dan sayur merupakan makanan bernutrisi tinggi yang digemari oleh setiap orang dari berbagai kalangan usia. Karena terkenal dengan manfaatnya yang baik bagi tubuh, buah dan sayur juga seringkali dikombinasikan menjadi segelas minuman jus yang sehat. Akan tetapi, bolehkah kita melakukan hal tersebut?

Banyak pernyataan yang mengatakan bahwa jenis makanan yang berbeda memerlukan pH dan enzim yang berbeda pula untuk memecah dan mencernanya. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang diproses oleh enzim yang sama di dalam sistem pencernaan.

Namun, sebenarnya tubuh manusia mampu mencerna berbagai jenis makanan dalam satu waktu. Sistem pencernaan manusia tidak bekerja dengan mengirimkan satu jenis enzim untuk memecah satu jenis makanan.

Seluruh enzim dan asam lambung akan bekerja sama untuk memecah dan menyerap nutrisi dari makanan apa pun yang masuk. Namun, untuk makanan yang tidak dapat diserap tubuh, akan dibawa ke usus besar untuk menjadi limbah dan dibuang.

Jadi, tidak perlu khawatir, karena organ tubuh manusia sudah memiliki tugasnya masing-masing. Namun, kita tidak boleh sembarangan dalam mengombinasikan kedua bahan ini.

Ada beberapa aturan dalam mengombinasikan buah dan sayur agar bisa menghasilkan jus yang lebih sehat, seperti berikut ini.

  1. Buah sub asam dikombinasikan dengan buah manis atau asam.
  2. Buah asam dikombinasikan dengan buah sub asam atau buah sayur.
  3. Buah sayur dikombinasikan dengan buah asam atau sayur hijau.
  4. Sayur hijau dikombinasikan dengan buah sayur atau sayur akar.

Namun, sebelum mengombinasikan buah dan sayur berdasarkan aturan di atas, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis buah dan sayur yang tergolong sebagai buah sub asam, buah asam, buah manis, buah sayur, sayur hijau, dan sayur akar, seperti berikut ini.

  1. Buah sub asam: apel, pir, pepaya, plum, dan ceri.
  2. Buah asam: jeruk, lemon, stroberi, kiwi, dan nanas.
  3. Buah manis: anggur, melon, semangka, dan kismis.
  4. Buah sayur: tomat dan mentimun.
  5. Sayur hijau: kol, bayam, seledri, selada, dan peterseli.
  6. Sayur akar: wortel, bit, dan lobak.

Nah, dari jenis-jenis buah di atas, salah satunya yang bisa kamu buat sebagai jus adalah kombinasi bayam, apel hijau, dan mentimun. Jus kombinasi ini sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan menangkal serangan radikal bebas sehingga baik untuk tubuh.

Kamu bisa menggunakan slow juicer untuk membuat jus  segar yang lebih nikmat, tanpa ada ampas.Kamu tidak perlu khawatir karena nutrisi dari buah dan sayur yang dikelola oleh slow juicer, akan tetap terjaga.

Memang, harga slow juicer lebih mahal dari blender biasa, tetapi kualitas minuman yang dihasilkan jauh lebih sehat.

Nah, kamu bisa mendapatkan slow juicer dan berbagai peralatan rumah tangga lain, seperti harga tangga, lemari, meja, dan lain sebagainya, yang terjangkau dan berkualitas hanya melalui ACE Online.

Situs belanja ini juga memberikan penawaran yang menari, lho. Yuk, segera kunjungi ACE Online sebelum kehabisan! (ANP)