Uncharted: Berburu Harta Karun bersama Tom Holland dan Mark Wahlberg

MUS • Wednesday, 16 Feb 2022 - 11:32 WIB

Directed by: Ruben Fleischer

Screenplay by: Rafe Judkins and Art Marcum & Matt Holloway

Screen Story by: Rafe Judkins, based on the PlayStation video game by Naughty Dog 

Produced by: Charles Roven, Avi Arad, Alex Gartner, Ari Arad

Executive Producers: Ruben Fleischer, Robert J. Dohrmann, David Bernad, Tom Holland, Asad Qizilbash, Carter Swan, Neil Druckmann, Evan Wells, Art Marcum, Matt Holloway

Cast: Tom Holland, Mark Wahlberg, Sophia Ali, Tati Gabrielle, and Antonio Banderas

Running time: 116 minutes 

Genre: Action and Adventure 

Berbagai macam judul game pernah diadaptasi kedalam bentuk film layar lebar. Salah satunya adalah Uncharted. Disutradarai oleh Ruben Fleischer, di bawah perusahaan produksi dari Columbia Pictures, Atlas Entertainment, Arad Productions, PlayStation Production. Dengan distributor Sony Pictures Releasing.

Uncharted diangkat dari game di PlayStation dengan nama yang sama besutan developer Naughty Game. Uncharted menampilkan kisah petualangan Nathan Drake yang diperankan Tom Holland dan Victor Sullivan alias Sully yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Mereka adalah pemburu harta karun, berisi emas. 

Adegan dimulai saat Nathan menjalani pekerjaannya menjadi bartender di sebuah bar. Jangan berfikir kalau ia hanya pintar meracik sebuah minuman, tapi ia memiliki "pekerjaan" kedua, yaitu pencuri. 

Dengan gerakan tangan yang sangat cepat, dan basa-basi yang pintar, gelang mewah milik salah satu pelanggan di sana berhasil ia curi. Tapi, ternyata ada satu orang yang memperhatikannya sedari tadi, yaitu Sully. 

Sully mengajak Nathan untuk keluar dari pekerjaannya dan bergabung dengannya untuk mencari harta karun. Merasa tidak mengenal Sully, Nathan langsung menolak ajakan itu. Namun tak lama, Sully membahas seorang laki-laki bernama Sam. Sam adalah kakak Nathan yang menghilang 15 tahun lalu. 

Berfikir agar Nathan mau bergabung dengannya, Sully pun mengatakan akan mempertemukan Nathan dengan Sam, karena ia tahu di mana Sam berada. Tak butuh waktu lama, Nathan langsung menyetujui ajakan Sally karena ia sangat merindukan kakaknya. 

Misi untuk mendapatkan harta karun peninggalan Ferdinand Magellan yang telah hilang sejak 500 tahun lalu oleh House of Moncada, tidaklah semudah perkiraan Sally dan Nathan. Di awali dengan mencuri salib emas yang ternyata itu bukanlah sekedar salib biasa, melainkan sebuah kunci untuk menemukan harta karun. 

Sally dan Nathan harus menghadapi sejumlah pesaing yang juga ingin mendapatkan harta karun itu. Termasuk Santiago Moncada (Antonio Banderas), yang mengklaim bahwa ia pemilik sah harta karun tersebut. Lalu, ada Jo Braddock (Tati Gabrielle), seorang tentara bayaran yang diupah Santiago, Jo mengenal Sully. 

Dalam perjalanan, di Barcelona mereka bertemu Chloe Frazer (Sophie Ali). Chloe juga seorang pemburu harta karun yang pernah punya hubungan dengan Sully. 

Ternyata Chloe juga memiliki satu lagi kunci salib emas, sehingga pada saat awal pertemuan mereka bertiga, ia mencuri kunci salib emas milik Nathan dan Sully hingga memutuskan untuk bekerjasama dalam mencari harta karun. 

Petualangan pun di mulai. Dunia pemburuan harta karun membuat Nathan belajar banyak hal, salah satunya adalah tidak ada orang yang dapat dipercaya dalam dunia pemburuan harta karun. Rekan yang bersamanya pun mengkhianati dia demi sebuah emas. 

Di film petualangan ini, siapa kawan dan siapa lawan menjadi satu. Penonton pun terbawa untuk menebak-nebak, manakah yang rekan sesungguhnya dan mana yang ternyata musuh dalam selimut. 

Penampilan Tom Holland dalam Uncharted tidak mengecewakan. Sosok "Spiderman" ini memang melekat dalam diri Tom Holland. Di Uncharted, ia juga banyak melompat dari satu bangunan ke bangunan lainnya, mirip seperti ia saat menjadi Peter Parker. Namun, karakter Nathan pun mampu Tom lakukan dengan epik.

Alur dan tempo waktu yang cepat dalam setiap adegan, membuat penonton tidak merasa bosan. Sutradara Uncharted, Ruben Fleischer secara seksama meletakkan jeda adegan istirahat yang cukup bagi penonton, menyelingi adegan aksi yang bertubi-tubi, namun masih tetap menarik untuk diikuti. 

Bagi penggemar video game dan pecinta film bergenre petualangan, menonton Uncharted adalah pilihan yang tepat. 

Uncharted sudah dapat ditonton pada hari ini, 16 Februari 2022 di bioskop kesayangan anda. Tetap patuhi protokol kesehatan ya! Selamat menonton!. (FAN)