UKI Bersama Srikandi Indonesia Gelar Webinar Edukasi Deteksi Dini Kanker Payudara

ANP • Wednesday, 16 Feb 2022 - 08:29 WIB

Jakarta - Akademisi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Indonesia (UKI), menggelar Pengabdian kepada Masyarakat melalui kegiatan webinar dengan mengangkat tema “Aware and Action Prevent Breast Cancer” dan penyerahan alat-alat kesehatan.

Angka kasus kanker payudara ini masih tinggi, menurut data dari Globocan tahun 2020, di Indonesia sendiri kanker payudara merupakan kanker paling banyak pada perempuan dengan proporsi 16,6% dari total kasus kanker. Dimana terdapat 65.858 kasus baru dan 22.430 kematian pada tahun 2020. 

Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI diharapkan masyarakat dapat mengetahui, menyadari dan bisa melakukan cara mendeteksi kanker payudara sejak dini untuk mencegah kanker payudara. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) pada tanggal 4 Februari. 

Sebelumnya, yaitu pada tanggal 27 Januari 2022, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI bersama Srikandi Indonesia (Komunitas Penyintas Kanker Payudara) mengadakan edukasi untuk mengetahui dan menyadari cara pencegahan kanker payudara melalui webinar dengan tema “ Aware and Action Prevent Breast Cancer” dengan jumlah peserta webinar sebanyak 110 peserta.  Narasumbernya Prof. Dr. Marina Silalahi, M.Si (Ahli Etnobotani), Riska Septia Wahyuningtyas M. Pd (Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI) dan Sri Widayanti S.Pd (Survivor Srikandi).

Pada tanggal 07 Februari 2022, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara offline dengan menyerahkan bantuan pengadaan alat kesehatan untuk para penderita kanker kepada Srikandi Indonesia (Komunitas Penyitas Kanker Payudara). Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku. 

Adisti R, Puri, M.Pd, dan Riska S. Wahyuningtyas, M.Pd mewakili Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI memberikan alat-alat kesehatan kepada Srikandi di Kantor Sekretariat Srikandi yang beralamat di Grand Office Galaxy Bekasi guna membantu treatment anggota Srikandi.

“Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI memberikan bantuan pengadaan alat kesehatan untuk Srikandi berupa kursi roda, oxygen portabel, masker, oximeter, GCU, stetoskop, tensimeter digital, termometer digital, termometer gun, lancet, alkohol swab, kassa steril pads, dan yang lainnya,” ujar Adisti Ratnapuri dalam pernyataan resminya, Senin (07/02/2022). 
  Kegiatan PkM Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI bersama Srikandi Indonesia (Komunitas Penyitas Kanker Payudara). (Dok. Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI) 

Srikandi Indonesia (Komunitas Penyitas Kanker Payudara) juga memberikan buah tangan kepada Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI berupa buku berjudul “Lalu Bintang pun Tersenyum Kembali”. Buku tersebut merupakan kisah inspiratif yang ditulis oleh 15 anggota Srikandi Indonesia. “Buku ini sangat inspiratif, sangat rugi kalau saya tidak baca.” Ujar  Riska S. Wahyuningtyas, Senin (07/02/2022).

   
Penyerahan buku Srikandi Indonesia kepada Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI. (Dok. Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI)

(ANP)