Kasus Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diimbau Kembali Taati Protokol Kesehatan

MUS • Wednesday, 2 Feb 2022 - 21:52 WIB

Jakarta – Kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan, sejak masuknya varian omicron ke Indonesia. Sepanjang pekan ini saja, akumulasi angka positif harian bertambah hingga 56.000 kasus.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah ini meningkat 40 kali lipat dibanding awal Januari lalu. Jika dilihat dari kasus harian, per tanggal 1 Februari jumlahnya telah mencapai 16.000 kasus.

Mengacu pada situasi ini, Wiku mengimbau masyarakat agar tidak melalaikan protokol kesehatan.  

“Penggunaan masker yang baik dan benar, rutin mencuci tangan, dan yang terpenting tidak bepergian ke tempat umum jika tidak mendesak, harus mulai diterapkan kembali,” ajak Prof. Wiku, dalam konferensi pers virtual, Rabu (02/02/2022)

Walaupun peningkatan kasus positif pekan ini terbilang sangat tinggi, kabar baiknya, tidak diikuti dengan kenaikan angka kematian.

Menurut Wiku, meski kasus kematian meningkat 14 kali lipat dibandingkan 1 Januari lalu, namun jumlahnya masih jauh lebih sedikit dibandingkan angka kematian pada gelombang pertama di akhir 2020, yang saat itu mencapai lebih dari 300 jiwa dalam sehari.

“Namun kembali saya tekankan, bahwa satu kematian saja terbilang nyawa,” pungkas Wiku. (fad)