Japnas Akan Gelar Munas di NTB Tahun Depan

ANP • Sunday, 19 Dec 2021 - 13:19 WIB

JAKARTA - Jelang akhir tahun 2021, Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Tahun 2021 di Gran Melia Jakarta pada 18 Desember 2021.

Ketua Panitia Iben Rifa menjelaskan bahwa Forum Rakornas ini merupakan agenda wajib Japnas yang bertujuan melakukan evaluasi program kerja organisasi, serta menentukan waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah Nasional I JAPNAS 

"Kuorum sah, hadir peserta dari Pusat dan 100% Wilayah", diketok oleh Ketua SC Defrizal Djamaris pada sidang yang dilaksanakan secara hybrid tersebut.

Pada Rakornas yang berjalan hingga menjelang malam, Sidang Rakornas yang dipimpin Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro memutuskan Japnas akan melaksanakan Munas I di Nusa Tenggara Barat selambatnya pada 18 Juni 2022 atau 6 bulan dari pelaksanaan Rakornas. Lokasi munas tersebut disaring dan dipilih dari 6 provinsi yang menyatakan berminat menjadi tuan rumah yaitu Papua Barat, Kalimantan Tengah, NTB, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Lampung.

Ditemui awak media, Widiyanto menyatakan kegembiraannya, rakornas berjalan lancar dan berhasil melaksanakan sinkronisasi program kerja antara pusat dan wilayah, serta antar wilayah dan seluruh perwakilan provinsi memaparkan perkembangan kondisi perekonomian wilayah masing - masing menunjukkan perkembangan yang positif dalam dua kuartal terakhir.

Pandemi Covid-19 masih ada bahkan mungkin akan menjadi endemi, dampaknya terhadap perekonomian dan kondisi usaha para pengusaha sangat terasa tapi kita melihat dengan optimis, kalau Tahun lalu di awal pandemi banyak kaget dengan pembatasan - pembatasan dan perubahan kondisi masyarakat, sekarang sebagian besar teman-teman sudah mulai bisa beradaptasi dan dengan penanganan Pandemi yang baik dari pemerintah kita melihat banyak kesempatan dan optimisme untuk dunia usaha dan pemulihan perekonomian kedepan.

Program - program Japnas terutama dalam membangun sinergitas antar pengusaha akan didorong lebih kuat di seluruh provinsi untuk menangkap berbagai peluang yang ada ujar Widiyanto.
Ini juga menunjukkan semangat dan optimisme pengusaha japnas untuk ikut berkontribusi aktif dan positif dalam agenda pemulihan ekonomi kedepan.

Kesiapan dan Dukungan Japnas Jawa Timur

Hadir dalam Kegiatan Rakornas I Japnas, dan menjadi salah satu provinsi yang berminat menjadi tuan rumah, Ketua Umum Japnas Provinsi Jawa Timur Moh. Supriyadi,S.T,M.T menyatakan apresiasi atas terpilihnya NTB sebagai tuan rumah.

Kita Jawa Timur sangat siap, ekosistem dan infrastruktur mendukung, kondisi penanganan pandemi sangat baik, keaktifan para anggota dan sudah banyak terbukti sukses menjalankan berbagai kegiatan japnas setingkat nasional bahkan internasional. Kita adalah salah satu alternatif yang sangat ideal untuk pelaksanaan Munas. 

Tapi semangat japnas adalah sinergi, membangun kekuatan bersama-sama. 

Maka kami sepakat melaksanakan munas di NTB karena mendorong recovery pariwisata itu sangat penting, kalau pariwisata tumbuh, dunia luar yakin kita aman, investor datang dan banyak potensi dapat kita percepat. Jawa Timur sangat positif dan optimis mendukung pelaksanaan Munas I Japnas di NTB, tutup Supriyadi. (ANP)