Peringatan HDI 2021, Ini Aksi Sosial Sahabat Ganjar

ANP • Sunday, 5 Dec 2021 - 22:31 WIB

MATARAM - Hingga saat ini penyandang disabilitas belum mendapat kesempatan setara untuk berkarya di masyarakat. Keterbatasan yang dimiliki membuat mereka dianggap sebagai kelompok yang tidak berdaya oleh masyarakat. Untuk membangkitkan semangat penyandang disabilitas, Sahabat Ganjar melakukan kunjungan ke Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) di Pagutan, Kecamatan Mataram, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat, Minggu pagi (5/12).

Selain memberikan semangat dan dukungan, Sahabat Ganjar juga memberikan bantuan berupa alat penunjang bagi penyandang disabilitas. Bantuan tersebut berupa tongkat untuk penyandang tuna netra dan kursi roda untuk membantu mobilitas. Tidak hanya itu, Sahabat Ganjar juga memberikan bantuan dana santunan untuk para warga di HWDI.

Relawan pendukung Ganjar Pranowo ini juga ingin menunjukkan dukungan terhadap program kesetaraan untuk penyandang disabilitas yang pernah dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah tersebut. Dalam suatu kesempatan, Ganjar Pranowo pernah mengatakan bahwa para penyandang disabilitas membutuhkan kesetaraan dari berbagai pihak, bukan dikasihani karena kondisi fisik dari yang bersangkutan.

Rona bahagia terpancar dari wajah para penyandang disabilitas yang berada di HWDI pada saat mencoba kursi roda. Bahkan salah satu penyandang disabiltas tersebut enggan turun karena ingin duduk lebih lama di kursi roda. 

Sri Sukarni selaku ketua HWDI NTB menyampaikan terima kasih atas dukungan dari relawan Sahabat Ganjar. “Kami selaku pengurus dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Sahabat Ganjar, alat yang diberikan sangat berguna untuk mempermudah mobilitas kami,” ungkap Sri.

Setelah melakukan kunjungan ke HWDI, kegiatan Sahabat Ganjar dilanjutkan dengan menemui para warga di Alun-Alun Taman Sangkareang di Jalan Pejanggik Mataram Barat, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Relawan Sahabat Ganjar melakukan “Aksi Larisin Dagangan” beberapa pedagang yang berada di sekitar alun-alun tersebut. 

Kedatangan relawan Sahabat Ganjar mengunjungi Alun-Alun Taman Sangkareang disambut antusias oleh masyarakat. Apalagi dengan aksi pembagian kaos bertuliskan “Sahabat Ganjar” secara langsung. “Terlihat dari masyarakat sangat antusias dalam menerima baju bertuliskan “Sahabat Ganjar” dan dengan melariskan para pedagang, diharapkan bisa meringankan beban mereka saat situasi pandemi,” ucap Beny Siagusman selaku ketua DPW NTB.

Tidak berhenti di situ kali ini, Sahabat Ganjar juga melakukan aksi “Renovasi Rumah Ibadah.” Kali ini Masjid At-Taqwa mendapat kesempatan untuk dilakukan renovasi oleh Sahabat Ganjar. Bantuan bahan material berupa semen, pasir dan kayu untuk renovasi diberikan Sahabat Ganjar secara simbolis. 

Sahabat Ganjar ingin agar suasana ibadah yang lebih khusuk dan nyaman dapat tercipta bagi para masyarakat sekitar Masjid At-Taqwa. Dari halaman Masjid At-Taqwa, lantunan doa bersama jamaah masjid dipanjatkan mengiringi suasana sore ini agar nama Ganjar Pranowo bisa menjadi bapak nomor 1 di Indonesia.

“Kami Sahabat Ganjar berharap dengan merenovasi Masjid At-Taqwa dapat meningkatkan sarana dan prasarana lebih memadai untuk masyarakat sekitar, kemudian agar terciptanya ketertiban dan kedisplinan dalam beribadah,” terang Indah selaku Humas DPP Sahabat Ganjar.

Pada aksi kali ini Sahabat Ganjar selalu melakukan protokol kesehatan yang ketat yaitu dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker dimanapun berada guna memperkecil penyebaran virus Covid-19. (ANP)