Bos LPS Purbaya Yudhi Berikan Tips Investasi Aman Buat Para Millenial

FAZ • Thursday, 2 Dec 2021 - 22:32 WIB

Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sekaligus anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Purbaya Yudhi Sadewa membagikan kiat-kiat bagi generasi milenial yang ingin terjun dalam dunia investasi.

Secara umum, kata Purbaya, ada empat hal yang harus diperhatikan masyarakat sekaligus generasi milenial dalam berinvestasi. Pertama adalah dengan mengenali kebutuhan dan kemampuan, jangan sampai berinvestasi dengan uang hasil pinjaman.

"Apalagi sampai mengambil pinjaman di pinjol (pinjaman online). Sederhananya, kalau punya uang lebih baru kita investasi. Kita harus sadar dengan kemampuan keuangan kita. Lalu, jangan seluruh penghasilan kita investasikan di satu instrumen," kata Purbaya dalam diskusi bertajuk 'Kala Gairah Investasi Tak Dibandingi Literasi' di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Kemudian kiat kedua yaitu harus mengenali produk dan jasa keuangan. Menurutnya, jangan sampai generasi milenial berinvestasi hanya karena mengikuti teman yang lebih dulu berinvestasi di suatu instrumen, tanpa terlebih dahulu mempelajari instrumen investasi tersebut.

Apalagi, lanjutnya, ikut investasi hanya karena mengikuti influencer di media sosial yang tak punya ekspertis khusus di dunia investasi dan tak tersertifikasi. Kemudian, kiat selanjutnya yaitu mengenali manfaat dan risiko.

"Prinsip sederhana investasi itu, high risk high return yaitu imbal hasil yang tinggi memiliki risiko yang tinggi. Tentu kita sih inginnya low risk high return atau risiko rendah tapi return besar, sayangnya itu tidak ada," ujarnya.

Hal terakhir adalah mengenali hak dan kewajiban sebagai investor. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca setiap ketentuan yang ada saat ingin membuka sebuah rekening investasi.

"Langkah awal adalah dengan memulai investasi dengan jumlah kecil. Lalu, kalau ada yang tidak jelas, kita bisa tanyakan kepada perusahaan atau manajer investasi yang bersangkutan. Usahakan pilih perusahaan yang responsnya bagus terhadap kita," imbuhnya.