Program Siap QRIS Pasar Kranggan: Solusi Transaksi Digital di Pasar Rakyat

MUS • Monday, 29 Nov 2021 - 16:08 WIB

Yogyakarta - Launching Program SIAP QRIS (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS) digelar lasar tradisional Kranggan, Yogyakarta (29/11/2021). 

Launching program SIAP QRIS dihadiri oleh Asisten Perekonomian Kota Yogyakarta beserta Dinas terkait, Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Direktur Utama PT. Bank BPD DIY, dan perwakilan pedagang pasar Kranggan. 

“Kegiatan launching ini menjadi momentum untuk mempersiapkan pasar tradisional dan pusat perbelanjaan dalam memasuki era kenormalan baru. Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi secara digital," ujar Miyono, Plt Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY.

QRIS memberikan banyak keuntungan bagi para pedagang dan kalangan UMKM, seperti membangun profil kredit untuk kemudahan mendapatkan pinjaman, transaksi tercatat & langsung masuk rekening sehingga mudah dimonitor, tidak perlu uang kembalian, bebas risiko pencurian dan uang palsu, mengikuti tren pembayaran terkini, murah dan bebas biaya bagi usaha mikro (0% sd Des 2021). 

"Diharapkan program on-boarding SIAP QRIS ini dapat direplikasi di seluruh pasar rakyat dan pusat perbelanjaan di DIY. Melalui sinergi yang terjalin baik antara BI bersama Pemda DIY, Perbankan, serta otoritas/pihak terkait lainnya, BI optimis program perluasan QRIS di pasar-pasar dapat terus berlanjut,"  lanjut Miyono.

Peningkatan kegiatan transaksi di pusat perbelanjaan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas sektor riil, baik produsen, maupun pedagang, yang akan mempercepat pulihnya daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional. 

Miyono berharap program ini mampu meningkatkan awareness untuk bertransaksi secara nirsentuh dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk kembali mengunjungi pasar Kranggan.

Saat ini QRIS menjadi menjadi game changer baik dalam transaksi ekonomi, sosial keagamaan maupun layanan kesehatan. Secara nasional, target 12 juta merchant QRIS oleh Bank Indonesia selama tahun 2021 juga telah tercapai pada 19 November 2021 telah tercapai.

Jumlah merchant QRIS tersebut meningkat signifikan dibandingkan akhir 2020 sebesar 5,8 juta merchant. Sementara, di DIY telah tercapai akuisisi 333 ribu merchant QRIS atau meningkat sebesar 122% (yoy) dibandingkan akhir Desember 2020. (Ron)