Pahlawan Aceh Laksamana Malahayati Resmi Jadi Nama Jalan di Jakarta

FAZ • Thursday, 25 Nov 2021 - 06:20 WIB

Jakarta - Nama Laksamana Malahayati, pahlawan nasional asal Aceh resmi diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Jakarta.

Peresmian nama Jalan Laksamana Malahayati dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, pada Selasa (23/11/2021).

Peresmian itu juga dihadiri oleh Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh Surya Dharma dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah secara daring.

Jalan Laksamana Malahayati di Jakarta

Untuk diketahui, Jalan Laksamana sebagai pengganti nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara, Jakarta Timur. 

Adapun Pergantian nama jalan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur No. 1242 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Jalan Laksamana Malahayati menggantikan Nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara.

Dalam peresmiannya, Anies mengungkapkan, peresmian nama jalan ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya dari Pemprov DKI Jakarta kepada Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati, keluarga besarnya, dan masyarakat Aceh pada umumnya.

"Masyarakat Aceh memiliki peran penting dalam sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Selasa. 

Lebih lanjut Anies berharap, penetapan nama Jalan Laksamana Malahayati menjadi momentum untuk semakin memperkuat persatuan masyarakat antarprovinsi dan kolaborasi masyarakat dengan pemerintah maupun antarpemerintah daerah.

Sementara itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah DKI Jakarta karena telah menjadikan nama Laksamana Malahayati sebagai nama salah satu jalan di Ibu Kota.