Perkumpulan Alumni Amerika Serikat Gelar Pertemuan Virtual Indonesia Rising

ANP • Wednesday, 24 Nov 2021 - 19:57 WIB

Jakarta - Perkumpulan Alumni Amerika Serikat (ALUMNAS) mengadakan ALUMNAS Summit perdana yang mengusung tema “Indonesia Rising” pada tanggal 24 – 25 November 2021. 

Acara ini diselenggarakan sepenuhnya secara virtual dan berhasil menarik lebih dari lima ratus pemirsa dari berbagai kalangan dan memperoleh partisipasi dari 52 pembicara yang mana 10 di antaranya adalah tokoh-tokoh utama di pemerintahan. 

Webinar ini berisikan beberapa pidato kunci dan sembilan diskusi panel yang mencakup beragam topik penting. Pada saat ini ALUMNAS mencatat ratusan anggota resmi yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan menargetkan jumlah keanggotaan sampai ribuan di penghujung tahun 2022. 

Berbekal visi merangkul seluruh lulusan perguruan tinggi Amerika Serikat di Indonesia, ALUMNAS bertekad untuk menjadikan ALUMNAS Summit ini sebagai wadah untuk menelurkan buah pikiran penting, berbagi pengetahuan dan mewujudkan jaringan hubungan antar alumni. 

Tujuan jangka panjang dari semua ini adalah mewujudkan landasan untuk melakukan aksi-aksi konkret dalam membangun bangsa dan negara.

Adapun pembicara-pembicara kunci dalam ALUMNAS Summit antara lain: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly; Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia,  Sung Kim.

“Dalam dua hari ini, ALUMNAS menampilkan para alumni perguruan tinggi Amerika Serikat untuk membagi wawasan tentang trend terkini di berbagai bidang seperti ekonomi, kewiraswastaan wanita, energi, lingkungan, tata sosial, perpajakan, pangan, seni busana, kota pintar dan topik-topik menarik lainnya. Perlu diketahui bahwa mereka adalah pemimpin-pemimpin terdepan di negeri ini dan juga para CEO dan pelopor perubahan di bidangnya masing-masing. Beliau-beliau ini adalah talenta terbaik yang kita miliki yang merupakan lulusan perguruan tinggi terkemuka di Amerika,” ucap President ALUMNAS, Jimmy Gani, dalam sambutan pembukaaan acara. 

“Kita tentunya mengharapkan pembicaraan dan diskusi penting ini akan memberikan pencerahan kepada kita semua dalam menghadapi normalitas kehidupan baru di Indonesia seiring dengan meredanya kasus COVID-19.”

“Selamat datang di acara ALUMNAS Summit yang pertama bertemakan ‘Indonesia Rising’.  Salam dan terima kasih saya haturkan kepada keynote speakers yang saya hormati, panel speakers dan moderators yang saya banggakan, dan tidak lupa semua peserta dari dalam dan luar Indonesia yang berpartisipasi dalam acara ini pada hari ini dan esok,” ujar Bambang Suwarso, Ketua Panitia ALUMNAS Summit dan Managing Director KIB Consulting.

Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada seluruh panitia ALUMNAS Summit atas kerja keras dan upaya nya dalam menlangsungkan acara ini.

“Sebagai alumnus dari peruguruan tinggi Amerika Serikat, saya menghargai sebesarnya penyelenggarabn acara summit ini akan menjadi ajang berpikir dan sarana diskusi mengenai upaya berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.  Pilihan tema ‘Indonesia Rising’ sangat relevan dengan kondisi saat ini,” ujar Bapak Yasonna Laoly yang sekaligus menjabat Ketua Dewan Penasihat Internasional ALUMNAS. 

“Ini adalah suatu forum yang bermanfaat untuk bekerja sama dan memperluas jaringan untuk kita semua.  Harapan saya Summit ini akan membuahkan usulan-usulan menuju aksi yang konkret.”

“Seiring dengan pulihnya ekonomi di tahun ini, perdagangan Indonesia juga tumbuh dengan sangat positif dengan mencatatkan beberapa rekor yang membanggakan. Pertumbuhan sebesar ini harus dimanfaatkan anak muda Indonesia dengan menjadi entrepreneur di bidang teknologi.  Pelaku usaha muda harus menciptakan disrupsi ekonomi digital dan harus menciptakan nilai tambah di Indonesia,” ungkap  Muhammad Lutfi.

“Alumni perguruan tinggi Amerika Serikat memainkan peranan penting dalam hubungan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. Saya sangat berkeinginan untuk berkolaborasi dengan ALUMNAS guna memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Saya ingin bekerja sama dengan Anda semua dalam memajukan prioritas-prioritas kita bersama sejalan dengan menguatnya hubungan bilateral negara dan jalinan hubungan antar manusia,” sambut Duta Besar Sung Kim.

Pihak-pihak sponsor yang turut mendukung acara ALUMNAS Summit adalah sebagai berikut: KIB Consulting, PT Freeport Indonesia, Vivere Group, Samator Group, Gurita Lintas Samudera, APRIL Group, PT Total Bangun Persada, KIND Denim, Teh Botol Sosro, Elitery, Bartisserie, Green Lab Group.  Acara ini terselenggara berkat kolaborasi dengan Loket.com dan ditayangkan  langsung secara eksklusif melalui aplikasi GoPlay. (ANP)