Dorong Literasi Digital Masyarakat, Kominfo Gelar Netizen Fair 2021

FAZ • Monday, 22 Nov 2021 - 22:27 WIB

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) dan GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional dengan menyasar 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu, Kecakapan Digital; Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Di penghujung tahun, Kementerian Kominfo akan menggelar puncak acara Literasi Digital 'Netizen Fair 2021' pada 23-24 November 2021. Acara ini akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong persiapan sumber daya manusia talenta digital sekaligus mencegah dampak transformasi digital. Pasalnya, inovasi teknologi digital yang tengah berkembang masif dan pesat berdampak terhadap perubahan besar di berbagai bidang.

"Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Lebih lanjut Semuel menyampaikan program literasi digital juga bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital. Program ini juga dihadirkan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, Netizen Fair akan menghadirkan berbagai kegiatan rutin. Dalam kegiatan tersebut, nantinya akan ada talkshow 'Ngobrolin Literasi Digital' yang membahas empat Pilar Literasi Digital dan isu terkini mengenai teknologi digital.

Tidak hanya itu, akan ada pelatihan dan kelas bertajuk 'Netizen Talks' yang mengulas pemanfaatan teknologi digital secara lebih mendalam. Hal ini meliputi pembuatan konten yang menarik, tips dan trik membuat podcast, hingga kelas animasi.

Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya di bidang literasi digital, seperti gubernur, wali kota, dan Kepala Diskominfo di masing-masing kota.

Hadir pula pegiat-pegiat literasi digital seperti Yosi Mokalu, Ndoro Kakung, Novi Kurnia, hingga berbagai Key Opinion Leader di setiap kota dan lain sebagainya. Acara ini akan dimeriahkan pula oleh penampilan berbagai band dan artis nasional.

Sebagai informasi, Netizen Fair 2021 merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar kegiatan ini melalui event.literasidigital.id. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi.