Dorong Kemajuan Teknologi Dan UMKM Bagi Siswa Sekolah Dan Pengrajin Di Kalteng

ANP • Friday, 19 Nov 2021 - 18:53 WIB

KAPUAS HILIR - Proses belajar mengajar turut menghadapi sejumlah tantangan di tengah pandemi Covid-19. Dimana selama Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ), membutuhkan fasilitas teknologi digital penunjang seperti laptop hingga ponsel yang memadai. 

Mengingat tidak semua siswa-siswi mampu memiliki sarana penunjang ini, maka banyak siswa-siswi yang berprestasi terhambat bahkan tidak bisa mengikuti proses belajar jarak jauh selama periode pembatasan aktivitas akibat Covid-19. 

Sahabat Ganjar dalam upaya mendukung kegiatan belajar siswa berprestasi di Kalimantan Tengah memberikan bantuan  kepada 3 siswa SMAN 1 Kapuas Hilir, Kalimantan Tengah, Jumat (19/11/2021). Kedatangan Sahabat Ganjar di SMAN 1 Kapuas Hilir disambut meriah oleh para siswa dan siswi dengan tarian adat khas Kalteng. 

Dalam kesempatan kujungan tersebut, Sahabat Ganjar memberikan bantuan berupa notebook untuk siswa dan siswi yang berprestasi. Adapun siswi berprestasi yang mendapat bantuan tersebut antara lain adalah Natalina Mora Evelyn Saputro (kelas X MIPA), Sapnah kelas (XI IPS) dan Shienis Patricia Baboe (kelas XII MIPA). 

Aksi sosial ini juga diikuti dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk siswa-siswi dan 20 guru. Pemeriksaan kesehatan menggunakan metode pemeriksaan digital (Digidoc) yakni Rumah Sakit Tanpa Dinding atau yang dikenal dengan sebutan Telemedicine. Dimana pada kesempatan ini, mereka dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter yang hasilnya mereka dapatkan melalui aplikasi Digidoc. 

Dimasa pandemi ini kesehatan untuk para siswa dan siswi sangatlah penting. Pemeriksaan kesehatan ini sasarannya adalah kesehatan siswa-siswi dan tenaga pengajar. Tujuannya sebagai salah satu upaya deteksi dini terhadap masalah kesehatan sekaligus untuk mengantisipasi paparan penyakit menular termasuk virus covid-19. 

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Sekolah SMAN 1 Kapuas Hilir tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Ganjar. “Saya sebagai perwakilan dari SMAN 1 Kapuas Hilir banyak banyak bersyukur kepada Sahabat Ganjar sudah membantu mendorong pendidikan untuk putra puteri kami yang kurang mampu namun berprestasi, melalui bantuan berupa laptop sebagai penunjang mereka menggapai cita-citanya, semoga dilancarkan dan sukses untuk Sahabat Ganjar kedepannya dalam mengawal Pak Ganjar Pranowo di 2024,” ucap Nusantara S.Pd, mewakili pihak SMAN 1.

DPW Sahabat Ganjar Kalimantan Tengah juga berharap dengan adanya kegiatatan ini dapat membantu proses pendidikan siswa-siswi di masa Pandemi. “Saya berharap sekali dengan adanya bantuan ini, setidaknya dapat meringankan adik-adik yang kurang mampu dan berprestasi untuk melakukan proses sekolah dengan baik, semoga yang kita berikan bermanfaat untuk mereka hingga mereka terus berprestasi,” ucap Rigen, selaku Ketua DPW Kalimantan Tengah.

Rangkaian acara kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo atau Sahabat Ganjar, hari ini berlanjut dengan Aksi Larisin Modalin. Aksi ini berupa operasi pasar sembako murah yang dilakukan Sahabat Ganjar pada masyarakat Kapuas dan juga operasi bantu modal UMKM. 

Operasi pasar diadakan di Kapuas Sebrang 1 RT.1 NO.28 Sei Pasah, Kec Kapuas Hilir, Kuala Kapuas, Kalteng. Metode penjualan yang dilakukan yaitu metode potongan harga 50% dari harga normal Rp.82.500 menjadi Rp.40.000. Isi paket sembako berupa minyak 2 liter, gula pasir 1kg, kopi dan kecap manis.

Terdapat sekitar 100 paket sembako murah yang dapat dibeli masyarakat yang berhak dengan menggunakan sistem kupon. Diharapkan upaya ini dilakukan, untuk membantu masyarakat yang harus bertahan dari sulitnya masa pandemi sehingga dapat meringankan sedikit beban mereka. 

Selanjutnya kegiatan Sahabat Ganjar pada penutup rangkaian aksi hari Jumat (19/11) ini adalah pemberian tambahan modal kepada pengrajin anyaman rotan di daerah Desa Pulau Telo. Pihak UMKM yang mendapat kesempatan diberikan bantuan oleh Sahabat Ganjar adalah Pak Slamet selaku pengrajin. Hal ini dilakukan sebagai bentuk wujud peduli Sahabat Ganjar dalam mendorong UMKM yang berada di Kalimantan Tengah. 

Indah Ch, selaku Humas DPP Sahabat Ganjar mengatakan, “Seluruh rangkaian acara yang dilakukan ini bukan tanpa alasan, kami sangat ingin membantu meringankan beban mereka. Karena menjadi Sahabat Ganjar bukanlah semata mata hanya relawan pendukung Ganjar Pranowo tetapi relawan yang juga peduli saudara saudara kita di Indonesia karena Pak Ganjar selalu memberikan contoh pada kami.” Pungkasnya. 

Seluruh rangkaian acara pada hari ini, Sahabat Ganjar selalu melakukan protokol kesehatan yang ketat yaitu dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker dimanapun berada guna mempersempit luasan penyebaran virus Covid-19. (ANP)