Warkop Digital Bisa Bangkitkan Perkekonomian di Bengkulu

FAZ • Friday, 19 Nov 2021 - 12:31 WIB

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu yang ke-53, Gubernur Bengkulu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan hadiah Warkop Digital kepada Desa Karya Pelita di Bengkulu Utara pada 18 November 2021.

Warkop Digital adalah platform kewirausahaan UMKM berbasis digital lengkap, bukan hanya sebagai tempat usaha kopi kekinian, tetapi juga digital hub untuk edukasi, pelatihan, bursa kerja, dan e-commerce untuk pemasaran produk-produk desa sehingga bisa dipasarkan dalam jangkauan yang lebih luas.

Pemberian Hadiah Warkop Digital ini dilakukan pada HUT Provinsi Bengkulu ke-53 yang mengusung tema Optimis Bengkulu Maju. Selaras dengan tema tersebut, pemberian Warkop Digital ini menjadi starting point atas perjanjian kerja sama Dinas Koperasi & UMKM bersama PT Cybers Bengkulu Indonesia dalam mewujudkan 1341 Warkop Digital di Provinsi Bengkulu guna mewujudkan UMKM go digital serta sebagai penghubung DEDI DEWI.

Sebelumnya Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bengkulu menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Cybers Bengkulu Indonesia di Jakarta, 29 Oktober 2021. Kerja sama ini akan mendorong akselerasi digitalisasi UMKM dan pengembangan Warkop Digital di 1.341 desa di Bengkulu.

"Warkop Digital menawarkan layanan digital untuk memperoleh pendapatan sekaligus membantu mempromosikan potensi-potensi di desa. Jadi Warkop Digital menawarkan dua traffic, dari produk lokal ke online dan produk lokal apa yang bisa dijual ke offline. Itulah kenapa ada digital hub bernama Warkop Digital," ujar Medi selaku Regional General Manager PT Cyber Bengkulu Indonesia.

Warkop Digital juga sejalan dengan target pemerintah untuk 30 juta UMKM Go Digital. Pada tahun 2021 pemerintah sudah menyiapkan program yang akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, salah satunya adalah usaha mikro dan UMKM yang menyerap 97% angkatan kerja.

Gubernur Rohidin Mersyah sedari awal telah berkomitmen untuk membangun digitalisasi ekonomi Bengkulu melalui program Desa Digital Desa Wisata (DEDI DEWI) dan Warung Kopi Digital (Warkop Digital.

Selama upacara pelantikannya pada 25 Februari 2021 di Istana Negara, Jakarta, Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan pentingnya mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM yang digabungkan sektor pariwisata.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan kehadiran Warkop Digital di 1.431 desa di Bengkulu akan menjadi pemicu, di mana Warkop Digital akan menggerakan ekonomi di tingkat desa yang selaras dengan era digitalisasi sekarang, apalagi di saat pandemi Covid-19.
Bengkulu sendiri dikenal sebagai penghasil kopi robusta nasional ketiga. Pada 2019 kopi Bengkulu mengikuti kompetisi kopi robusta internasional di Paris. Dengan meraih tiga buah medali, kopi Bengkulu dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik di dunia dalam kontes AVPA France.

Bersama Bencoolen Coffee, perusahaan yang memasok kopi Bengkulu untuk Warkop Digital, Warkop Digital akan menjadi digital hub di setiap desa sekaligus untuk mempromosikan produk-produk desa. Warkop Digital sebagai digital hub akan membantu masyarakat mendapat akses informasi dari kota besar, atau sebaliknya, masyarakat desa bisa memasarkan produk unggulannya ke kota besar melalui teknologi digital.

Gubernur Rohidin Mersyah menargetkan 1.341 Warkop Digital akan hadir di seluruh Provinsi Bengkulu pada 2022, sehingga kebangkitan ekonomi yang dimulai dari desa bisa lebih cepat memulihkan ekonomi Indonesia.