Momentum Hari Kesehatan Nasional 2021, Bappenas Dorong Strategi Pencegahan Obesitas 

ANP • Friday, 12 Nov 2021 - 13:57 WIB

Bogor – Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional 2021, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelenggarakan seminar bertajuk “Bergerak Cegah Obesitas”. Acara ini disiarkan melalui Zoom dan Youtube Bappenas RI serta dihadiri perwakilan 26 Kementerian/Lembaga (K/L) serta jejaring Scaling Up Nutrition Networks (SUN) Indonesia.

“Melalui pertemuan ini, diharapkan kita dapat meningkatkan peran SUN Networks di Indonesia dalam upaya perbaikan gizi, terutama menekan angka obesitas, sesuai dengan indikator pokok dalam RPJMN 2020-2024” ujar Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, pada pembukaan Seminar.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang hadir pada pembukaan seminar, menyatakan dukungannya terhadap acara ini. “Scaling Up Nutrition merupakan wujud respons negara-negara di dunia terhadap kondisi status gizi, yang berpengaruh besar terhadap ekonomi dan kualitas hidup manusia. Indonesia telah menjadi bagian dari negara yang berkomitmen untuk. perbaikan gizi dan mendukung terwujudnya SDGs,” tutur Budi.

Tercatat, ada tiga poin penting yang dihasilkan dari sesi diskusi dalam seminar ini yakni;   program untuk menekan angka obesitas yang efektif harus komprehensif, penguatan upaya promotif-preventif melalui pembudayaan Germas, perilaku CERDIK, sinergi dan lintas program, serta kolaborasi lintas sektor serta perlu adanya peer group pada lingkungan remaja dalam upaya edukasi dan komunikasi risiko terkait pencegahan dan risiko obesitas. Poin penting yang  juga dihasilkan dari seminar ini adalah perlunya dibuat program kerja yang tertata dan berkelanjutan dalam rangka pencengahan obesitas.

Acara diakhiri dengan laporan penutup yang disampaikan Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas, Pungkas Bahjuri Ali. “Obesitas merupakan masalah yang kompleks dan menjadi tantangan bagi kita semua. Target global obesitas adalah menghentikan kenaikan prevalensi obesitas,” tegas Pungkas.  Di akhir seminar, Pungkas juga menekankan, faktor konsumsi dan aktivitas fisik menjadi faktor yang berperan penting dalam obesitas. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPMJN) 2020-2024, telah ditetapkan target agar tingkat obesitas di Indonesia tidak mengalami kenaikan.  

Seminar daring yang diselenggarakan Bappenas ini merupakan bagian dari rangkaian acara Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting tahun 2021. Sebagai sebuah forum tahunan, SUN Annual Meeting merupakan wadah berbagi pengalaman dan pembelajaran dalam percepatan perbaikan gizi di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2019 ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, mitra pembangunan, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, akademisi, serta organisasi profesi. Tahun ini, SUN Annual Meeting mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama”. Tema ini sesuai momentum sepuluh tahun Indonesia bergabung dengan gerakan global Scaling Up Nutrition. Rencananya, puncak acara SUN Annual Meeting akan digelar pada akhir November 2021. (ANP)