Sindikat31 Rilis Lagu Epic Indonesia di Hari Pahlawan

ITK • Wednesday, 10 Nov 2021 - 17:06 WIB

Jakarta - Di Hari Pahlawan kali ini ada yang spesial dari grup hiphop lawas asal Jakarta, Sindikat31. Setelah sekian lama tidak mengeluarkan lagu baru, trio Ruffie, Mbie dan Sidik yang melegenda dengan lagu mereka seperti "Kera Sakti" akhirnya merilis single kembali. Berjudul "Epic Indonesia" sebuah lagu tentang perjuangan Pahlawan Indonesia meraih kemenangan tepat dirilis pada tanggal 10 November 2021.

Perjalanan untuk merilis single ini pun ternyata tak lepas dari kata 'epic'. Karena lagu ini sebenarnya sudah direncanakan dari tahun 2017, selepas mereka mengisi acara di sebuah konser Synchronize festival. Tapi karena satu dan lain hal, termasuk kendala mixing dan jadwal yang selalu bentrok, akhirnya lagu ini baru bisa diwujudkan tahun ini.

"Tertunda secara mixing & take vocal sudah pasti...kualitas lagu awal mixing tahun 2017 masih blm balance. Ditambah lokasi studio mixing yang kala itu memang jauh. Apalagi waktu dan kegiatan dari masing-masing kami berbeda," ungkap Ruffie ketika diwawancara oleh Trijaya.

Ketika ditanya bagaimana proses pembuatan liriknya sendiri yang penuh kata-kata patriotik dan perjuangan pahlawan, Ruffie mengungkapkan, "Masing-masing dari kami punya verse pure karya sendiri dan dikerjakan terpisah. Entah kenapa pas jadi, nyambung semua aja urutannya dan selalu begitu."
"Ibarat dengerin lagu ini pakai headset sambil merem, akan terasa atmosfirnya, seolah-olah terlibat dalam gerilya seperti yang ada di potongan video klipnya" tambahnya.

Ternyata pembuatan video klip dari "Epic Indonesia" inipun cukup berliku panjang. Sejak dari awal tahun semua materi sudah dicicil termasuk untuk frame potongan dokumenter pertempuran Surabaya dikarenakan ada suara Bung Tomo di awal lagu. Sementara sisanya dikerjakan sendiri untuk pengambilan gambar di beberapa angle.

Ruffie kembali menambahkan bahwa mereka ingin agar lagu ini bisa menjadi pengingat untuk semua generasi terutama milenial agar tidak lupa akan perjuangan para pahlawan memerdekakan Indonesia.

"Ini juga sekaligus jadi reminder buat rapper generasi sekarang yang ambisinya cuma buat unjuk gigi, saling mencela seenaknya. Kadang karya orang lain dianggap sampah dan sejenisnya. Sindikat31 back in the game cuma mau mengingatkan asiknya back in the day semua raper masih satu visi & saling mendukung, ngerap untuk menghibur & menyampaikan pesan, bukannya saling menghina. This is Indonesia Bung....not West Coast or East Coast!" ungkapnya lagi.

Tak hanya berhenti sampai disini. Tapi Sindikat31 juga sudah merencanakan untuk merilis lagi beberapa single baru bahkan remake dari lagu lainnya. Kita tunggu saja karya-karya mereka selanjutnya. (*ITK)