Orangtuanya Tewas Kecelakaan, KPAI: Anak Vanessa-Bibi Butuh Pendampingan

MUS • Friday, 5 Nov 2021 - 10:46 WIB

Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ikut berduka atas peristiwa kecelakaan keluarga Vanessa Angel dan Bibi di tol Jombang. Begitupun tak kalah dahsyatnya peristiwa banjir bandang di Batu Malang yang menghilangkan nyawa, harta benda dan kerugian.

Komisioner KPAI, Jasra Putra mengatakan, peristiwa duka kehilangan seringkali meninggalkan bekas yang dalam, bagi para korbannya. Apalagi secara mendadak kehilangan orang tua. 

“Sebagai anak kecil, Gala – putri Vanessa dan Bibi masih belum bisa memahami mengapa orang tua pergi meninggalkannya, sehingga butuh proses pendampingan yang baik,” kata Jasra di Jakarta, Jumat (5/11/2021). 

“Ada kehidupan dan kematian, konsep yang belum bisa dipahami anak. Namun yang terpenting dalam kesedihannya anak selalu didampingi, jangan lepas pendampingan,” sambungnya. 

Menurut Jasra, kesedihan yang dirasakan anak harus dibawa ke hal positif. Seperti diajak berdoa, dan memahami bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan. 

“Sehingga kematian adalah kasih sayang Tuhan kepada manusia. Alihkan anak untuk menceritakan apa yang paling disukai orang tuanya. Agar menjadi semangat Gala dan motivasi dalam menjalani hari-hari kesedihannya,” tandas Jasra. (Jak)